Kukuhkan Anggota Paskibraka Kabupaten Malra, Ini Pesan Bupati Hanubun

  • Whatsapp
Bupati Maluku Tenggara Drs. Hi. Muhamad Thaher Hanubun Mengukuhkan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Tahun 2021, Senin (16/8).

Langgur, MalukuPost.com – Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Tahun 2021 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati setempat M. Thaher Hanubun, Senin (16/8/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Forkopimda dan Pimpinan DPRD setempat.

Dalam arahannya, Bupati Hanubun berharap anggota Paskibraka yang akan bertugas pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus 2021 tersebut dapat melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik.

Tugas dan tanggungjawab menjadi seorang anggota Paskibraka menurutnya adalah sangat berat, karena memiliki tanggungjawab memperingati rangkaian mengenang kembali berkah perjuangan bangsa dan seluruh komponen, untuk meraih cita-cita kemerdekaannya 76 tahun yang lalu yakni Merdeka dari segala bentuk penindasan dan penjajahan, berdaulat untuk menentukan nasib sendiri.

Perjuangan memperoleh kemerdekaan itu, menjadi momentum yang sangat berharga, terutama bagi para pemuda-pemudi sebagai generasi penerus perjuangan bangsa untuk mewariskan nilai nilai kejuangan dalam segenap kehidupan bernegara.

“Saya patut memberikan apresiasi kepada anak-anakku seluruh anggota Paskibraka yang dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan mengikuti latihan. Saya tahu ini bukan tugas yang ringan namun ternyata anak-anakku telah mampu melewati itu semua, dan ini tentunya patut mendapatkan penghargaan dan kebanggaan,” tandasnya.

Dijelaskannya, menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Malra adalah kebanggaan pribadi, keluarga dan masyarakat.

Banyak pemuda-pemudi berkeinginan untuk menjadi anggota Paskibraka namun tidak semua memiliki kesempatan yang sama, karena penetapan keanggotaaanya dilakukan melalui proses rangkaian seleksi yang sangat ketat dan panjang dimulai dari tingkat sekolah hingga kabupaten.

Aspek yang dinilai bukan hanya aspek penampilan semata, namun juga aspek sikap dan perilaku setiap individu.

“Saya yakin dan percaya melalui tempaan disiplin dari para pelatih dan instruktur selama 30 (tiga puluh) hari lamanya, kalian telah mengetahui dengan baik dan benar tata cara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih, menjadi harapan seluruh masyarakat Malra,” katanya.

Bupati Hanubun berharap anggota Paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti, karena khidmat tidaknya Upacara sangatlah ditentukan keseriusan dan kesiapan kalian di lapangan termasuk sinergi (kekompakan) derap langkah pasukan.

“Kalian semua mewakili seluruh pemuda-pemudi Malra. Di pundak kalian tergambar tanggungjawab dan komitmen untuk meneruskan semua perjuangan pendahulu kita untuk membangun bangsa dan daerah. Ini adalah pengalaman dan sejarah dalam hidup anak-anakku sekalian yang tidak dimiliki oleh pemuda-pemudi yang lain,” pungkasnya.

Pos terkait