Sampah Dari Kapal Andon Cemari Dasar Laut Kawasan Konservasi Kei Kecil

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris

Ambon, MalukuPost.com – Kehadiran Kapal Andon dari Sulawesi yang beroperasi di seputaran laut Maluku selain berdampak terhadap penghasilan nelayan lokal, juga mengakibatkan pencemaran pada kawasan konservasi taman laut Kei Kecil, Maluku Tenggara.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris membenarkan pencemaran akibat pembuangan sampah organik maupun non organic dari Kapal Andon ini, dibuktikan saat World Wild Life Fund for Nature (WWF) Indonesia melakukan penyelaman beberapa waktu lalu di seputar kawasan konservasi.

“Jadi faktor sampah-sampah itu kita tidak bisa mengelak,”ungkapnya di Ambon, selasa (24/08/2021).

Dijelaskan Abdul, terhadap hal inu pengawasan terhadap keberadaan kapal andon terus dilakukan, hanya saja kesulitan dari sisi armada pengawas serta anggaran jika dibandingkan dengan rentang kendali wilayah laut yang begitu luas. Untuk itu, pihaknya akan mengambil langkah-langkah diantaranya lewat perjanjian kerjasama antar provinsi yang kini tengah digagas.

“Dimana di dalam perjanjian kerjasama ini diatur juga perjanjian kerjasama sektor kelautan termasuk operasi kapal nelayan andon. Nanti di dalam perjanjian itu kita atur dengan mereka,” katanya

“Kalau mereka melakukan operasi penangkapan ikan, mereka wajib melaporkan di Syahbandar dan disitu disuru tandatangan pernyataan tidak buang sampah sembarangan dan sebagainya,”katanya lagi.

Menurut Abdul, dampak dari pembuangan sampah itu sangat membahayakan ekosistem laut, mengingat sampah non organik berupa plastik yang sulit terurai. Beda halnya dengan sampah organik seperti daun kelapa yang dalam jangka waktu pendek bisa terurai bahkan bisa jadi sarana penangkap ikan sebagaimana rumbai-rumbai kelapa yang dipakai pada rumpon-rumpon di Maluku.

“Saat ini tengah digagas kerjasama antar Pemerintah Daerah sehingga diharapkan agar dari sisi pembiayaan untuk patroli guna pengawasan dapat meningkat,”pungkasnya.

Pos terkait