Disbud Malra Gelar Lomba Kesenian Tradisional Kei Jelang Hari Nen Dit Sakmas

  • Whatsapp
Lomba Kesenian Tradisional Kei menyongsong peringatan Hari Nen Dit Sakmas yang ke-III tanggal 7 September 2021 oleh Dinas Kebudayaan Maluku Tenggara, Kamis (2/9/2021).

Langgur, MalukuPost.com – Sejumlah lomba kesenian tradisional Kei digelar oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Lomba kesenian tradisional Kei yang dilaksanakan jelang peringatan Hari Nen Dit Sakmas yang ke-III tanggal 7 September Tahun 2021 tersebut, dipusatkan di lokasi Makam Nen Dit Sakmas, ohoi (desa) Semawi, Kamis (2/9/2021).

Kepala Bidang Sejarah, Tradisi, Kesenian dan Lembaga Adat Disbud Malra sekaligus Ketua Panitia, Kristianus Ell, mengatakan, lomba kesenian tradisional yang dilombakan yakni ngel-ngel, wawar, snehat, serta lomba meniup suling.

Dijelaskannya, kegiatan perlombaan dimaksud bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai kearifan lokal khususnya kesenian tradisional, sehingga mencerminkan karakter masyarakat Kei.

Terkait peserta lomba, pihaknya membatasi hanya untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA di daratan Kei Kecil, dengan jumlah peserta nanyian 30 orang dan meniup suling 5 orang.

“Peserta dibatasi karena mempertimbangkan kondisi daerah yang masih dilanda Covid-19 dan penerapan PPKM Mikro,” tandasnya.

“Untuk dewan juri dalam lomba-lomba tersebut adalah dari Ibu-ibu dari Ohoi Danar Lumefar. Sedangkan Aglibertus Lobya dan Cosmas Rahawarin menjadi juri pada lomba meniup suling,” tambahnya.

Kristianus mengungkapan, selain lomba-lomba kesenian tradisional Kei, pihaknya juga akan melaksanakan Napak Tilas perjalanan Nen Dit Sakmas yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (4/9), dan kegiatan Seminar yang bertemakan Peran Perempuan Kei Dalam Keseteraan Gender pada hari Senin (6/9).

Pos terkait