Thaher Hanubun: Saya Pribadi Dukung Penuh Untuk Bentuk AMKAY Di 11 Kabupaten/Kota

  • Whatsapp
Bupati Maluku Tenggara Drs. Hi. Muhamad Thaher Hanubun sampaikan sambutannya pada acara Pelantikan Dewan Pengurus Aliansi Masyarakat Kei (AMKAI) Provinsi Maluku Periode 2021-2026 di Ambon, Sabtu (16/10/2021). (foto: Alan)

Langgur, MalukuPost.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra) menyatakan dukungannya untuk pembentukan Aliansi Masyarakat Kei (AMKAY) pada 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hanubun saat sambutannya pada acara Pelantikan Dewan Pengurus Aliansi Masyarakat Kei (AMKAY) Provinsi Maluku Periode 2021-2026 di Ambon, Sabtu (16/10/2021).

“Amkay (bahasa Kei yang artinya kami tahu). Semua pengurus AMKAY harus tahu dan memahami kata Amkay itu sendiri. Orang tua-tua (nenek moyang) kita sudah menanamkan Sob Duad Tafluru Nit (menyembah Tuhan dan menghormati leluhur) serta Ain Ni Ain, Ain Fangnan Ain (kita adalah satu, satu sayang satu). Darah yang mengalir di tubuhmu itu juga darah yang mengalir di tubuhku. Itulah yang dimaksud dengan Amkay,” katanya.

“Kesulitan yang kau rasakan juga adalah kesulitanku. Kebahagiaan yang saudara rasakan itu juga yang saya rasakan. Pengurus yang baru dilantik harus memahami kata Amkay dalam organisasi ini,” katanya lagi

Pada kesempatan itu pula, Bupati Hanubun menyampaikan keinginan dan dukungannya terkait pembentukan AMKAY pada seluruh kabupaten/kota di provinsi Maluku.

“Kepada ketua dewan pengurus AMKAY Provinsi Maluku, saya mau bilang, bahwa saya punya mimpi agar AMKAY harus ada di 11 kabupaten/kota. Jangan karena saya Bupati Malra, tidak! Saya Taher biasa saja. Saya akan mendukung penuh dari mimbar ini, bikin (Bentuk) AMKAY-AMKAY di Maluku, itu yang kita harapkan. Sehingga ketika ada kegiatan di Kabupaten Buru Selatan, SBT (Pela) atau di kabupaten dan daerah lainnya di Indonesia, maka ada AMKAY disana,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Hanubun juga mengingatkan semua pengurus memperkuat persatuan tanpa harus membentuk dualisme dalam internal organisasi.

Untuk itu, seluruh pengurus harus saling rangkul dalam menjalankan tugas dan tanggung organisasi.

“Saya mau berpesan kepada ketua dan pengurus agar merangkul semua supaya AMKAY itu hanya satu saja. Jangan lagi ada AMKAY-AMKAY lain, nanti Bupatinya bingung, AMKAY mana yang kita bantu. Maka dengan segala rendah hati, lakukan komunikasi dengan mereka sehingga kita kenal AMKAY itu satu saja. Jangan ada dua AMKAY karena nanti hati kita juga ada dua,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plh. Sekda Maluku Sadli Lie mewakili Gubernur Maluku, dan Dewan Rat (Raja) Kepulauan Kei.

Untuk diketahui, DP AMKAY Provinsi Maluku Periode 2021-2026 yang dilantik tersebut yakni Silfester Tharob (Ketua Umum), Stenly Jems Eleuwarin (Wakil Ketua) dan Malik Kudubun (Sekretaris).

Pos terkait