Didukung DPRD, Pemkab Malra Sediakan Lima Unit Pusling Perairan Di Pulau Kei Besar

speed boat Pusling
Armada Puskesmas Keliling (Pusling) Perairan yang diserahkan Pemkab Malra untuk mendukung pelayanan kesehatan di pulau Kei Besar.

Langgur, MalukuPost.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) dibawah kepemimpinan Bupati M. Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin terus mendapat dukungan dari DPRD setempat.

Dengan dukungan DPRD, Pemkab terus berusaha menjawab kebutuhan masyarakat di berbagai bidang.

Salah satunya yakni pada bidang kesehatan, dimana Pemkab telah menyediakan lima unit speed boat Puskemas Keliling (Pusling) Perairan untuk menjawab pelayanan kesehatan warga di wilayah pulau-pulau Kei Besar.

“Dengan dukungan DPRD dan semua pihak, kami terus berupaya untuk bagaimana menjawab kebutuhan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Pulau Kei Besar,” kata Bupati Hanubun di Langgur, Senin (29/11/2021

Untuk diketahui, lima unit spead boat Pusling yang pengadaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021tersebut telah diserahterimakan kepada masyarakat Kei Besar pada Sabtu (27/11).

Selanjutnya, kelima unit speed boat tersebut diberikan kepada lima Puskesmas masing-masing Puskesmas Mun dan Hoor (kecamatan Kei Besar), Puskesmas Feer (Kei Besar Selatan Barat), Puskesmas Weduar (Kei Besar Selatan dan Puskesmas Hollat (Kei Besar Utara Timur).

Selain itu, Pemkab Malra juga menyerahkan bantuan alat Iva Test untuk mendeteksi kanker serviks pada rahim bagi empat Puskesmas yang belum memiliki alat ini yakni, Puskesmas Mun, Weduar, Watsin dan Banda Ely.

“Bantuan-bantuan ini membutuhkan usaha dan upaya kita semua, hanya semata-mata untuk menjawab dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semoga bantuan-bantuan ini dikelola secara baik sehingga memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, karena pada hakikatnya ini adalah hak masyarakat,” ungkapnya.

Diakuinya, permasalahan di pulau Kei Besar sangat kompleks dan berkaitan satu dan lainnya, dimana masalah pendidikan, ekonomi dan kesehatan sangat berkaitan erat dengan masalah infrastruktur jalan, jembatan, jaringan komunikasi dan lainnya.

“Untuk itulah Pemkab Malra terus berupaya untuk menjawabnya satu-persatu, semua permasalahan tidak dapat diselesaikan sekaligus dalam waktu yang singkat.

Olehnya itu kami butuh dukungan masyarakat dan semua pihak agar menjadi motivasi untuk terus bekerja,” pungkasnya.

Pos terkait