Resmikan Rumah Pengering Rumput Laut Dan Jalan Produksi, Ini Penjelasan Bupati Hanubun

  • Whatsapp

Langgur, MalukuPost.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun, didampingi General Manager (GM) PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara, meresmikan rumah pengeringan rumput laut dan jalan produksi sepanjang 200 meter yang terletak di Ohoi (desa) Arso Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Malra, Rabu (24/11/2021).

Untuk diketahui, proyek rumah pengering tersebut merupakan bantuan CSR PT. PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara, dan pembangunannya dilakukan melalui kerja sama dengan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan masyarakat setempat.

Sementara biaya pembangunan jalan produksi bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Perikanan Malra.

Rumah pengering berbasis Internet of Things (IoT) tersebut terbuat dari rangka baja dan plastik UV (Ultraviolet) yang dapat menyerap panas, dilengkapi dengan heater atau pemanas, lampu pemanas, serta CCTV.

Pengontroloan suhu ruangan rumah pengering tersebut dilakukan melalui telepon genggam Android dimana aplikasi tersebut juga terkoneksi ke laut untuk mengetahui suhu air laut, sehingga membantu petani memutuskan kapan harus melakukan penanaman.

Dengan IoT, proses pengeringan rumput laut bisa dipercepat dari semula yang mengunakan secara tradisional butuh waktu 4-5 hari, namun dengan teknologi tersebut butuh 2-3 hari.

Untuk kawasan ohoi Arso sendiri memiliki potensi budidaya rumput laut yang tinggi dan akan menjadi tempat penelitian dan pembelajaran untuk pengembangan budidaya rumput laut.

Bupati Hanubun dalam sambutannya menyatakan bahwa potensi laut sejatinya harus dikelola secara ilmiah.

“Saya berprinsip bahwa jika kita melakukan sesuatu tanpa pendekatan ilmiah, tanpa pendekatan akademik, kita tidak mampu,” ungkap Bupati.

Menurutnya, kawasan Arso sebagai langkah awal pengembangan teknologi budidaya rumput laut.

“Teknologi rumah pengering yang sama akan dibangun di sejumlah tempat di Maluku Tenggara,” tandasnya.

Ditambahkannya, Pemkab Malra tetap bekerjasama dengan ITB untuk membangun rumah pengering tersebut.

“Kepada mahasiswa ITB yang menyaksikan acara peresmian itu secara virtual, saya meminta agar mereka menyiapkan proposal pembangunan dimaksud,” bebernya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Hanubun meminta Wakil Ketua DPRD Malra Albert Efruan dan Ketua Komisi II Adolf Markus Teniwut yang hadir dalam peresmian tersebut untuk mendukung rencana itu.

 

Pos terkait