Tahun 2022 Maluku Dapat Tambahan Dua Jalur Tol Laut, Ini Trayeknya

  • Whatsapp
Malawat
Kadis Perhubungan Provinsi Maluku, M. Ali Malawat

Ambon, MalukuPost.com – Kerja keras Dinas Perhubungan Maluku untuk memperluas jalur tol laut di bumi seribu pulau ini membuahkan hasil.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad malawat di Ambon, Senin (06/12/2021) menyatakan, Di tahun 2022 pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan kembali menambah dua jalur tol laut baru di Maluku, yaitu T-27 dan T-28.

“T-27 melayari Merauke – pulau-pulau di Maluku, sedangkan T-28 Priok Jakarta – Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat – Bula Kabupaten Seram Bagian Timur, setelah itu kembali ke Priok,” katanya.

“Kapal sudah siap tinggal jalan saja di tahun 2022. Untuk T-27 awalnya masuk dari merauke ke kupang, tapi karena perdagangan dengan kupang tidak ada, sehingga dia masuk ke Maluku. Apalagi Maluku-Merauke sudah ada hubungan bisnis,”katanya lagi.

Menurut Malawat, menindaklanjut hal tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota guna mempersiapkan segala kebutuhan untuk muatan balik. Hal itu dimaksudkan agar jangan sampai kapal yang datang penuh, baliknya kosong.

“Dalam satu kapal bisa mengangkut 20 kontener, satu kontener bermuatan 18 ton. Berarti mereka harus konsolidasi muatan dengan memanfaatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pengumpul hasil alam,”ungkapnya.

Malawat menambahkan, setiap daerah dapat memanfaatkan keberadaan kapal tol laut itu, selain untuk meningkatkan perekonomian, juga dapat mengentaskan kemiskinan.

“Bayangkan saja sekali dagang, misalnya kopra harga Rp8000, maka satu kontener bisa mencapai Rp144 juta sekali jalan. Itu pun satu konetener, kalau sampai 10 kontener dalam satu bulan dua kali masuk lebih besar lagi. Jadi kehadiran tol laut ini bisa mengentaskan kemiskinan di daerah termasuk di desa-desa,”pungkasnya.

Pos terkait