Pangdam XVI Pattimura Pastikan Seleksi Calon Anggota TNI Sesuai Kriteria

Saumlaki, Malukupost.com – Panglima Komando Militer (Pangdam) XVI Pattimura, Mayjend TNI Richard T.H.Tampubolon menegaskan, pelaksanaan seleksi bagi para calon prajurit TNI AD tetap mengacu pada ketentuan atau kriteria.

Penjelasan Richard ini sekaligus menjawab pertanyaan wartawan tentang adakah keringanan bagi putera-puteri daerah yang hendak mendaftar dalam seleksi penerimaan calon prajurit TNI AD.

“Intinya, pada saat penerimaan atau seleksi, kita akan selalu mengedepankan putera-puteri daerah dari Maluku. Namun tetap kita imbau kepada para Dandim sampai ke Koramil dan Babinsa untuk memberikan sosialisasi-sosialisasi seperti bagaimana cara melatih jasmani, kemudian mempersiapkan kesehatan yang baik, karena kesehatan itu tidak bisa lihat dari luar melainkan ada pemeriksaan medis untuk kesehatan dalam tubuh,” ujarnya di Saumlaki, Minggu (5/6/2022) kemarin.

Menurut Pangdam Richard, perekrutan prajurit TNI AD disesuaikan dengan persyaratan kesehatan, jasmani, psikologi dan berdasarkan perengkingan. Selain itu, diutamakan pengalaman pribadi dari para calon dan perekrutan juga dengan mempertimbangkan adanya keterwakilan calon prajurit TNI-AD dari pulau-pulau terluar.

“Nah, kalau kondisi kesehatannya memungkinkan untuk menjalani pendidikan dimana instensitas kesehatan fisik, kemudian waktu yang betul-betul sempit namun dikelola dengan kegiatan yang begitu padat, ditambah psikologi yang baik itu tentu menjadi syaratnya,” tambahnya.

Richard katakan dalam setiap kesempatan, dirinya selalu menekankan kepada seluruh komandan satuan untuk terbuka bagi masyarakat tentang informasi syarat calon prajurit TNI AD.

“Saya melihat animonya cukup besar dan luar biasa. Tetapi inikan berkaitan dengan kepentingan seluruh TNI-AD seluruh Indonesia dimana ada jumlah kuota yang terbatas, tetapi semoga kedepan kuotanya semakin besar sehingga peluang untuk seluruh putera-puteri terbaik Maluku ini dapat diakomodir sebagai prajurit,” pungkasnya.

Pos terkait