Peringati HUT Ke-71 IBI Maluku Tenggara Gelar Bhakti Sosial

Gebyar Pelayanan KB di ohoi Wain dan Yamtimur oleh IBI Malra

Langgur, MalukuPost.com – Hari Bidan Nasional diperingati bertepatan dengan ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang didirikan pada 24 Juni 1951.

Pada ulang tahun IBI ke-71 tahun ini diperingati oleh seluruh bidan se-Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku.

Dibawah sorotan tema sentral Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju, IBI Malra laksanakan sejumlah kegiatan.

“Untuk kami di Malra telah melakukan kegiatan-kegiatan dari bulan April, yakni Gebyar Pelayanan KB (18 April hingga 24 Mei 2022),” kata Ketua IBI Malra K.y Darakay di Langgur, Senin (27/6/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing fasilitas kesehatan (faskes) tersebut melibatkan masing-masing anggota IBI Malra yang bekerja pada faskes baik itu di puskesmas maupun rumah sakit.

“Untuk bhakti sosialnya kami laksanakan di Kecamatan Kei Kecil Timur yang dipusatkan di desa (ohoi) Wain dan Kecamatan Kei Besar Utara Timur di ohoi Yamtimur,” katanya.

Kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan berkaitan dengan Hut IBI ini yakni Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) serta pelayanan pemberian KB yang akan dipusatkan di Kecamatan Manyeuw dan Kei Besar.

IBI Malra juga telah melakukan kegiatan tabur bunga pada Kamis (23/6) di makam para Bidan yang telah meningggal dunia.

“Hari Jumat kemarin kami mengikuti kegiatan via zoom Peringatan HUT IBI ke-72 yang dilaksanakan oleh Pengurus Pusat di Jakarta, dirangkaikan dengan kegiatan anjangsana IBI Malra ke sesepuh Bidan,” ungkap Darakay.

Komitmen IBI Malra adalah keberadaan profesi Bidan harus lebih dikenal lagi oleh masyarakat, karena Bidan bekerja untuk memberikan pelayanan kesehatan khususnya khususnya untuk ibu dan anak di Malra.

“Saya berharap agar semua angggota IBI Malra tetap menjaga serta memelihara persatuan dan kesatuan untuk mengembangkan organisasi ini lebih baik lagi,” pungkasnya.

Pos terkait