Kunker Di Malra, Rahawarin: Jalan Lokpri Yang Rusak Jadi Fokus Mendagri

Deputi III Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP RI, Letnan Jenderal TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin.

Langgur, MalukuPost.com – Ruas jalan pada Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri), menjadi fokus dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pernyataan tersebut disampaikan Deputi III Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) Letnan Jenderal TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin, saat lakukan kunjungan kerja (kunker) di Maluku Tenggara (Malra) beberapa hari lalu di Pulau Kei Besar.

Saat kunker tersebut, Rahawarin didampingi Ketua DPRD setempat Minduchri Kudubun, Wakil Ketua Yohanis Bosko Rahawarin dan Kepala BPPD Malra Lucas Daniel Kusapy.

Kepada awak media di Langgur, Jumat (15/7/2022), mantan Pangdam XVI Pattimura ini mengungkapkan, kunkernya di Malra untuk melakukan evaluasi dan tracking jalan pada Kecamatan Lokpri.

“Kita lakukan survei dan tracking ini karena empat kecamatan di Malra merupakan Lokpri baru di perbatasan dan masuk dalam RPJMN 2022-2024,” kata Rahawarin

Empat kecamatan lokpri dimaksud yakni Kei besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Selatan Barat, dan Kei Besar Utara Timur.

Beberapa lokasi yang ditemukan cukup parah adalah ruas jalan di Ohoi Ohoiel, Ngefuit (atas dan bawah), belokan ke Ohoirenan, dan juga jembatan di Hollay serta beberapa lokasi jalan lainnya.

“Hasil survei dan tracking terhadap jalan-jalan pada kecamatan Lokpri yang rusak dan terisolir dan terputus ini nantinya setelah kembali, saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Lembaga (KL) terkait untuk kita eksekusi, karena itu sudah menjadi arahan dari Pak Mendagri,” tandasnya.

Rahawarin mengungkapkan, dengan keterbatasan anggaran APBD kabupaten Malra, sehingga pihaknya akan dibantu lewat DAK, karena mengingat disini ada empat kecamatan Lokpri yang harus diperhatikan.

Dalam kunkernya itu pula, Rahawarin bersama tim meninjau perencanaan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Kei Besar.

Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III menegaskan, khusus untuk ruas jalan pada empat kecamatan Lokpri diupayakan untuk dianggarakan di tahun 2023, termasuk dengan pembangunan tahap pertama Rumah Sakit Pratama.

“Hasil koordinasi dengan kepala BPPD Malra kemudian diajukan ke BNPP RI. Kita (BNPP RI) sudah koordinasi dengan DPR RI, dan sampai saat ini sudah masuk dalam Pagu Indikatif. Kita berdoa semoga masuk dalam Pagu Definitif agar tahun 2023, Kei Besar sudah dibangun tahap pertama,” pungkasnya.

Pos terkait