LPPM ITB Diharapkan Dapat Membantu Pengembangan Sektor Unggulan Di Malra

Langgur, MalukuPost.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun berharap Institut Teknologi Bandung (ITB) dapat membantu Pemda Malra untuk pengembangan berbagai sektor khususnya potensi unggulan Perikanan dan Pariwisata serta sektor penunjang lainnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hanubun saat menerima kunjungan tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) di ruang kerjanya, Selasa (04/10/2022).

Diketahui, LPPM ITB dengan program pengabdian masyarakat hadir di Malra untuk membangun kerjasama berbagai sektor pembangunan dan pelayanan publik mendapat respon yang luar biasa dari Pemda setempat.

Bupati Hanubun menjelaskan, dirinya memiliki komitmen untuk memajukan kabupaten Malra dari berbagai sektor pembangunan.

Sekretaris LPPM ITB Bidang Pengabdian Masyarakat Deny Willy Junaidy selaku Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengabdian Masyarakat melakukan kunjungan sejak 1 hingga 5 Oktober 2022.

Tim telah melaksanakan Monev dengan kunjungan ke Dinas Perikanan Malra untu serta memberitahukan kepada Dinas Kominfo untuk pengembangan Internet Of Things (IoT) di Kebun Rumput Laut Desa Sathean dan Arso sebagai sampel.

Selain itu, tim juga mengunjungi destinasi pariwisata unggulan Pasir Timbul (Ngur Tavur) dan Pasir Panjang (Ngur Bloat) untuk mempromosikan kekayaan alam yang luar biasa ini.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prof. Tati Syamsudin menjelaskan terkait Pemanfaatan Data Internet Of Things (IoT) dan Penerapan Budidaya Rumput Laut untuk meningkatkan produktifitas di Maluku Tenggara.

“Sesuai keinginan Pemda dalam hal ini Bapak Bupati, maka berbagai sektor akan kami bangun melalui kemitraan tersebut, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Daerah. Kami juga menyampikan terima kasih atas sambutan baik Bupati Thaher Hanubun yang telah menerima kehadiran ITB,” ungkap Syamsudin.

Untuk itu, lanjut Syamsudin, hasil diskusi tersebut akan ditindaklanjuti untuk kerjasama lanjutan sesuai kebutuhan Malra yang didahului dengan pertemuan bersama Kepala Dinas Perikanan terkait potensi sektor perikanan.

Pos terkait