Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Unpatti Gandeng Amraduso Bersih-bersih Kali

 

Ambon, MalukuPost.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pattimura (Unpatti) 2022 Negeri Soya, bekerjasama dengan Angkatan Muda GPM Ranting II Soya (Amraduso) membersihkan sampah di area kali Naha, Dusun Kayu Putih, Ambon, Sabtu (26/11/2022).

Aksi bersih sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

“Kagiatan ini merupakan salah satu program yang kami susun selama KKN di negeri soya, yang disebut sabtu bersih,” ungkap Ketua KKN, Juan Poceratu.

Dikatakan, ketika membersihkan sungai, banyak sekali sampah yang bertumpukan dan menghambat jalannya aliran air.

Adapun kebanyakan sampah yang diangkat dari dalam sungai adalah sampah plastik.

“Ada sekitar 15 karung lebih sampah plastik yang kami angkat dari dalam sungai,” ujarnya.

Dengan demikian, dirinya berharap adanya kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Semoga apa yang kami lakukan bersama AM GPM Ranting II Soya ini, menyadarkan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” pintanya.

Senada dengan Poceratu, Ketua Angkatan Muda GPM Ranting II Soya, Mey Laukon, juga berharap masyarakat yang bermukim di pinggiran sungai, bisa menjaga dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Mari jaga kebersihan sungai kita, dan jangan buang sampah sembarangan. Sungai bukan tempat kita membuang sampah, tapi marilah kita manfaatkan sungai sesuai peruntukannya,” tandasnya.

Pos terkait