Theresa Amanupunnjo, Biduan Legendaris “Konferensi Asia-Afrika”

Theresa Amanupunnjo semasa muda (jazzualiti.com)
theresa jpg
Theresa Amanupunnjo alias Theresa Zen dan cucunya Karen Theresia Pooroe alias Karen Idol (Foto suluhperempuan.org)


Laporan Rudi Fofid-Ambon

Malukupost.com – Pencinta musik di tanah air mengenal baik Karen Theresia Pooroe alias Karen Idol. Juga personil Elfa’s Singers Lita Zen dan vokalis Halmahera Band Iwan Zen. Selain itu ada Syailendra Zen dari grup musik R42 dari Bandung. Belakangan ada pula Iwan Zeno Pooroe, pemeran Datuk Meringgih dalam teater musikal Nurbaya garapan sutradara Garin Nugroho.

Ternyata para artis penyandang nama belakang Zen dan Pooroe di atas adalah anak dan cucu-cucu penyanyi legendaris yang nyaris dilupakan yaitu Theresa Amelia Zen Amanupunnjo alias Theresa Zen. Lita, Syailendra, dan Iwan adalah putera-puterinya, sedangkan Karen dan Bima adalah cucu-cucu. Pada mereka, mengalirlah darah seni Theresa Zen.

Di blantika musik Indonesia Theresa dikenal sebagai pelantun lagu abadi “Sabda Alam” gubahan Ismail Marzuki. Ia pernah tiga kali menjadi juara ketiga Bintang Radio Nasional, dan akhirnya menjadi juara pertama tahun 1961. Ia berkiprah di pentas nasional bersama bintang tenar lainnya yakni Titiek Puspa, Bing Slamet, Idris Sardi, dan sebagainya.

Tidak banyak media di tanah air menulis profil dan kiprah Theresa Zen. Satu-satunya tulisan yang cukup informatif justru di laman https://suluhperempuan.org berjudul “Theresa Amanupunnjo: Penyanyi Legendaris Indonesia”. Dari tulisan ini diketahui, Theresa lahir di di Larantuka, 6 Januari 1935. Ayahnya Eferandus Amanupunnjo, Sersan Mayor KNIL.

Theresa menikah dengan Raden Mohammad Zen dari Palembang, tahun 1953. Suaminya itu punya saudara kandung bernama Sadak, sang pemilik Hotel Savoy Homann, Bandung. Terungkap, di Hotel Savoy Homann inilah sejak awal 50-an, Theresa menjadi penyanyi tetap. Ia bergabung dengan Rino Gasparini and His Combo, Dipimpin pianis Rino Gasparini asal Italia. Di band ini, ia bernyanyi menghibur para tamu dalam genre pop, hawaiian, dan jazz.

Karen Theresia Pooroe yang meniti karier sebagai penyanyi, aktivis perempuan dan anak, serta politisi di Partai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah cucu yang beruntung bisa bersentuhan langsung dengan sang nenek yang legendaris. Bahkan, Karen menyandang nama yang sama dengan sang nenek yakni Theresia.

“Oma sangat disiplin. Ia keras dalam mendidik anak dan cucu-cucu,” kata Karen kepada Malukupost.com di Ambon, Jumat (15/12).

Salah satu momen penting yang diingat Karen dari cerita sang nenek adalah, pada pembukaan Konferensi Asia Afrika, 1955, salah satu penyanyi yang tampil di ajang bersejarah itu adalah Theresa Zen. Disebutnya, sang nenek tutup usia dalam usia 75 tahun. Laman suluhperempuan.org menyiarkan pula foto keintiman Karen dan neneknya semasa hidup, dan juga saat Karen ziarah ke makam sang nenek.

Dari penelusuran digital, ditemukan akun instagram Lita Zen (@litazen) merilis sebuah tangkapan layar saat Theresa Zen diiringi orkestra membawakan lagu Sabda Alam. Lita pun membuat keterangan gambar dalam akunnya.

“My Mom Theresa Zen adalah penyanyi pertama yg menyanyikan lagu “Sabda Alam” , penciptanya Ismail Marzuki yg langsung mengajarkan lagu ini kepada (alm) mama, kemudian langsung direkam dan inilah hasilnya…Very proud of you mom❤️”. Tulis Lita.

Sedangkan pada akun https://www.flickr.com/photos/jazzuality, bisa ditemukan serangkaian foto Theresa Zen sejak masa keemasannya, sampai hari tuanya.

LAGU DAN ALBUM:
Berikut ini sejumlah lagu dan album kompilasi yang melibatkan Theresa Zen/Amanumpunnjo, tanpa tahun dan label:

1. Sabda Alam, Theresa Zen (Ciptaan: Ismail Marzuki)
2. Kunang-Kunang, Theresa Zen (Ismail Marzuki)
3. Cinta Mesraku Tak Kundjung Padam, Theresa Zen & Idris Sardi (Jusuf)
4. Senja di Priangan, Theresa Zen
5. Pergi Tanpa Pamit, Theresa Zen & Orkes Studio Jakarta (Leo Masengi)
6. Album: Kasihku Tetap Selalu, Theresa Zen, A. Thamrin, Ingan Malem Bukit, Masnun Soetoto, Nanny Suwandi
7. Album: Kisah Pasar Baru/Sabda Alam, Theresa Zen & Didi
8. Album: Kisah Pasar Baru, Theresa Amanupunnjo, Bing Slamet Nina Kirana, Noeri Satrijo, Sam Saimun, Sujoso Karsono
9. Album: Lagu-Lagu Hiburan, Theresa Zen, Lies Sidik, Nina Kirana, Rita Zaharah, Titiek Puspa
10. Album: Pak Gendut/Kunang-Kunang, Theresa Zen & Bing Slamet
11. Album: Parade Popularia Volume 2, Theresa Zen, Bing Slamet, Ivo Nilakreshna, Elly Kasim, Rachmat Kartolo, Titiek Puspa
12. Album: Rangkaian Lagu2 Hiburan, Theresa Amanupunnjo, Donny Saleh, Nina Kirana
13. Album: Rangkaian Lagu2 Hiburan, Theresa Amanumpunnjo, Benno Tatuhey, Donny Saleh Pudjanadi, Ratna, Ratnawati, Tineke Tendean, Toto Mudjiharto
14. Album: Rangkaian Lagu2 Hiburan, Theresa Amanupunnjo, Deddy, Ruwetty, Soekaety, Soetiah
15. Album: Rangkaian Lagu2 Hiburan, Theresa Amanupunnjo, J. Rudhy Soenarto, Juni Amir, Nina Kirana, Ratna.
16. Album: Rangkaian Lagu2 Hiburan, Theresa Amanupunnjo, Nina Soenarti, Nunu Moraza, Soetiah, Sudjuki, Tilly Latuheru, Titiek Puspa
17. Album: Rasa Sajange, Theresa Amanupunnjo , Bing Slamet, Didi (Sujoso Karsono), Njanjian Bersama, Noeri Satrijo, Sam Saimun
18. Album: Seia Sekata, Theresa Amanupunnjo Hadi Djokosoewarno, J. Rudhy Soenarto, Mariati, Nunu Moraza, Rita Zaharah, Suprapti
19. Album: Seruan Ibu, Theresa Zen, Asnath Hasibuan, Dian Kelana, Eddy Muljono, Nunu Moraza, Ratnawati, Rita Zaharah, Toto Mudjiharto

(Malukupost dari berbagai sumber)

Pos terkait