Keliobas : Pembangunan di SBT Berkat Dukungan Swasta dan Masyarakat

bupati

Bula, Maluku Post.com, – Bupati Kabupaten SBT, Abdul Mukti Keliobas, menyatakan keberhasilan pembangunan di daerahnya dapat dicapai melalui kolaborasi dan peran dari pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Keberhasilan di Kabupaten SBT didukung oleh unsur pemerintah, swasta dan masyarakat,” demikian kata Keliobas saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun anggaran 2023, Selasa, 7 Mei 2024.

Bupati dua periode itu kemudian menjelaskan, peran masing-masing unsur dalam mendukung keberhasilan tersebut diantaranya melalui kebijakan dan regulasi oleh pemerintah, investasi dan kemitraan oleh swasta sedangkan partisipasi, pengawasan dan kearifan lokal oleh masyarakat.

Khusus untuk unsur pemerintah, lanjut Keliobas, penyelenggaraan pemerintahannya didukung oleh 20 dinas, 5 badan, 9 bagian, 2 RSUD dan 15 kecamatan dengan jumlah ASN sebanyak 3.381 orang di tahun 2023.

Di sisi lain, Keliobas menyebut, rapat paripurna penyampaian LKPJ Bupati SBT tahun 2023 merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bertujuan menyampaikan informasi atas kebijakan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan selama kurun waktu 2023 yang telah disetujui bersama dalam Perda penetapan APBD dan Perubahan APBD.

“Rapat paripurna penyampaian LKPJ Bupati SBT tahun 2023 ini merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan pemerintahan daerah dan memenuhi amanat UU Nomor 23 tahun 2014 yang telah diubah beberapa kali. Terakhir UU Nomor 9 tahun 2015 tentang Pemda Juncto Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” sebutnya.

 

 

Pos terkait