Nasdem Targetkan Menangkan Dua Pilkada Di Maluku

Ambon, Maluku Post.com – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menargetkan minimal menang di dua dari empat kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak di Maluku pada 9 Desember 2015.

“Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh menargetkan memenangkan Pilkada 2015 secara nasional minimal 50 persen sehingga untuk Maluku ditargetkan dua dari empat Kabupaten,” kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, Nono Sampono di Ambon, Senin (22/6).

Pilkada kelompok pertama serentak di Maluku diselenggarakan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya (MBD) dan Buru Selatan.

“Jadi rekomendasi yang diputuskan DPP Partai Nasdem kepada masing – masing bakal calon (Balon) Bupati – Wakil Bupati dijadwalkan diberikan di Ambon pada 28 Juni 2015,” ujarnya.

Korwil DPP Partai Nasdem untuk Maluku itu memastikan sudah 90 persen Balon Bupati-Wakil Bupati itu diputuskan bagi masing – masing Kabupaten.

“Pastinya rekomendasi tersebut berdasarkan pertimbangan figurnya, tingkat elektabilitas, hasil survei serta rekam jejak Balon dari Kejaksaan Tinggi maupun Polda Maluku,” kata Nono.

Langkah restorasi ini dilakukan Partai Nasdem dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa guna memenuhi harapan masyarakat.

“Jadi data dari Kejati maupun Polda Maluku dipertimbangkan sebagai langkah preventif agar dikemudian hari Partai Nasdem tidak disalahkan merekomendasikan pimpinan ternyata bermasalah hukum,” tegas Nono.

Disinggung bakal calon bupati-wakil bupati ada yang petahana, dia menjelaskan, peluang itu ada dan tidak, termasuk kader maupun tidak kader karena Partai Nasdem bersifat terbuka dengan rekomendasi diberikan berdasarkan aturan ketentuan AD/ART.

“Pastinya nanti dilihat saat penyerahan rekomendasi dijadwalkan di Ambon pada 28 Juni 2015 dengan sejumlah agenda partai dikoordinir panitia yang diketuai Henny Matrutty,” ujar Nono.

Kader Partai Nasdem di DPRD SBT dan Buru Selatan masing – masing dua orang, sedangkan Kepulauan Aru dan MBD masing – masing tiga orang.

Masa jabatan Bupati SBT berakhir pada 10 September 2015, Kepulauan Aru( 26 Oktober 2015), MBD ( 26 April 2016) dan Buru Selatan (22 Juni 2016). (Ant/MP)

Pos terkait