Imigrasi Ambon Siap Layani Penerbitan Paspor JCH

  • Whatsapp

Ambon, Maluku Post.com – Kantor Imigrasi Kelas I Ambon siap melayani penerbitan paspor jamaah calon haji (JCH) yang berminat berangkat ke Tanah Suci.

“Kami pada prinsipnya siap melayani masyarakat di daerah ini yang mengajukan permohonan penerbitan paspor, bukan saja bagi mereka yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, Nanang Koesdarjanto, di Ambon, Kamis (18/2).

Muat Lebih

banner 300250

Hal ini dapat dibuktikan, lanjutnya, Imigrasi Ambon pada pekan lalu telah menerbitkan surat permohonan pembuatan paspor yang diajukan salah seorang JCH asal Kabupaten Buru.

Dia menjelaskan, Kantor Imigrasi kelas I Ambon melayani surat permohonan guna penerbitan paspor dari para JCH asal Kabupaten Buru, Buru Selatan, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur (SBT), Seram Bagian Barat (SBB) dan Kota Ambon.

“Kami tetap melayani hingga selesai sesuai permintaan dan biasanya pada akhir Maret, mulai berdatangan para JCH membuat paspor, kecuali yang sudah memiliki paspor umum dan masih berlaku tidak perlu untuk pembuatan yang baru,” ujarnya.

Kantor Imigrasi Ambon setiap hari mengeluarkan surat permohonan untuk penerbitan paspor, lanjutnya, hanya saja masih dalam jumlah yang kecil yakni 10 surat permohonan.

Dia mengatakan, mengurus paspor sekarang ini tidak sulit, pemohon cukup datang ke Kantor Imigrasi dan mengajukan permohonan kepada petugas. Setelah itu pemohon mengisi formulir yang diberikan dengan persyaratannya.

Setelah mengisi formulir yang bersangkutan akan diberikan semacam surat petunjuk untuk pembayaran di bank, setelah proses pembayaran di Bank dua hari kemudian kembali ke Kantor Imigrasi guna pemotretan dan wawancara dan pencetakan, keesokan harinya yang bersangkutan sudah bisa memiliki paspor.

Nanang mengatakan, dalam permohonan paspor masyarakat diminta menyediakan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), pas foto, kemudian setelah penerbitan paspor selesai yang bersangkutan selain berangkat ke Tanah Suci menunaikan ibadah haji maupun ke mana terserah, sebab paspor yang diterbitkan yakni paspor umum. (MP-6)

Pos terkait