Gempa 5,1 SR Guncang Maluku Tengah

Bupati : Tidak Ada Korban Gempa


bupati maluku tengah abua tuasikal

Ambon, Maluku Post.com – Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal memastikan tidak ada korban akibat gempa tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang kabupaten tersebut pada Rabu (30/3) malam, sekitar pukul 22.38 WIT.

“Saya sejak guncangan gempa melanda berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis sambil mengarahkan memantau dampak gempa. Ternyata tidak ada korban apa pun,” katanya, dihubungi dari Ambon, Kamis (31/3).

Kabupaten Maluku Tengah memiliki 117 desa di 18 kecamatan sehingga membutuhkan waktu untuk memastikan dampak gempa tektonik yang tidak berpotensi gelombang pasang (tsunami) itu

“Syukurlah tidak ada korban. Pusat gempa di 118 KM Barat Daya Kabupaten Maluku Tengah,” kata bupati.

Data BMKG menyebutkan gempa berada di titik 4,08 Lintang Selatan, 129, 38 Bujur Timur. Gempa berpusat di kedalaman 10 KM di bawah laut.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik, sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan. (MP-3)e

Pos terkait