Mabes Polri Gelar Monitoring Polmas Di Polres MTB

  • Whatsapp
Ketua Tim Monitoring Polmas, Kombes Pol Andi Heru Santoso saat menyampaikan sambutan

Saumlaki, Malukupost.com – Tim Monitoring Polisi Masyarakat (Polmas) dari Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang terdiri dari Korbinmas Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam), Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar monitoring Polmas di Mapolres Maluku Tenggara Barat (MTB), Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (15/1/2020).

Personil Tim monitoring Mabes Polri yakni Kombes Pol Andi Heru Santoso, ST. MK.,SH., MH Anjak Korbinmas Baharkam Polri yang bertindak selaku ketua Tim, Kombes Pol (Pur) Dr. Tiktik Rustika dari National Expert JICA, AKBP I. GM. Seli Pudja Wijaya, SE – Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Metro Jaya, Kompol Yani Parinussa, SH.,MH Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Maluku.

Kegiatan monitoring tersebut dilakukan di aula rapat utama Polres MTB pada pukul 9:00 yang dihadiri oleh Kapolres AKBP. Andre Sukendar, S.IK, Waka Polres MTB Kompol Lodevicus Tethol,SH.,MH, para Kabag, Kasat, Kasi, KBO dan seluruh perwira Polres MTB.

Berdasarkan pantauan media ini, rangkaian acara diawali dengan pemaparan tentang gambaran wilayah hukum Polres MTB dan Polsek jajaran, situasi umum peta kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jarak tempuh dari Polsek ke Polsek, Tri Gatra, geografi, demografi, sumber daya alam, kekuatan personil Polres MTB dan Polsek jajaran, personil Bhabinkamtibmas dan Ranmor Bhabinkamtibmas.

Ketua Tim Monitoring Polmas, Kombes Pol Andi Heru Santoso melihat langsung proses pemeriksaan fisik kendaraan bhabinkamtibmas

Ketua Tim Anjak Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Andi Heru Santoso pada kesempatan itu memotivasi para peserta monitoring agar terus semangat dalam bertugas.

“Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Kepolisian karena langsung ke desa – desa, untuk itu apabila ada halangan, kesulitan ataupun masalah dalam penerapan pembelajaran yang telah diberikan di bekasi untuk disampaikan agar bisa di evaluasi,”ujarnya.

Sementara Kombespol (purn) Tiktik Rustika menyatakan sejarah National Expert JICA dan kerjasama dengan kepolisian Jepang. Badan Kerja Sama Internasional Jepang, lebih dikenal dengan nama JICA, adalah sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. Lembaga ini berada di bawah kekuasan Departemen Luar Negeri dan didirikan pada Agustus 1974.

“JICA Partnership Program (JPP) atau Program Kemitraan JICA merupakan suatu program dukungan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang bertujuan mendorong pelaksanaan berbagai proyek pembangunan pada tingkat masyarakat akar rumput di berbagai negara berkembang,” katanya.

“JICA diprakarsai oleh berbagai mitra pembangunan Jepang, khususnya lembaga swadaya masyarakat atau LSM, pemerintah daerah, dan perguruan tinggi yang memiliki teknologi dan pengalaman dalam pembangunan. Proyek JPP ditujukan untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di berbagai negara,” katanya lagi.

Rustika menambahkan, JICA memiliki program untuk membantu proses reformasi Polri pada pada awal reformasi dan masih berlanjut sampai sekarang. Beberapa program yang dilaksanakan seperti mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas kepolisian Indonesia, termasuk yang memberikan pelatihan ke luar negeri.

“Project dilaksanakan di Saumlaki untuk pembelajaran yang nanti akan disampaikan ketingkat yang lebih tinggi,”bebernya.

Kegiatan itu diakhiri dengan doa oleh Kasat Binmas Polres MTB Kompol Simon A. Mansiletty. Dan dilanjutkan dengan acara foto bersama serta pemeriksaan fisik kendaraan bermotor roda dua milik personil Bhabinkamtibmas.

Selain itu, apel pengecekan Bhabinkamtibmas dengan Kendaraan Bhabinkamtibmas Polres MTB itu dipimpin oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit. Binmas Polda Maluku Kompol Y. Parinusa.

“Ketika tahun kemarin saya ke Mabes Polri, saya mendapat bocoran bahwa tahun ini atau tahun depan akan ada prioritas kepada Bhabinkamtibmas dalam mengikuti seleksi SIP, selain itu paling lambat tahun depan seluruh kebutuhan Bhabinkamtibmas akan dipenuhi,” ungkap Parinusa saat menutup kegiatan pemeriksaan fisik kendaraan bermotor.

(MP-14)

Pos terkait