Tanggap Persoalan Covid-19, Bupati Maluku Tenggara Keluarkan Himbauan Resmi

  • Whatsapp
Himbauan Bupati Malra
Bupati Malra, Drs. Hi. M. Thaher Hanubun. Langgur, Minggu (15/3/2020)

Langgur, Malukupost.com – Bupati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun, telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait persoalan CORONA (COVID-19).

Pernyataan resmi tersebut disampakan kepada seluruh warga masyarakat Malra melalui Himbauan Pemerintah Daerah di Langgur, Minggu (15/3/2020).

Menanggapi persoalan Virus CORONA (COVID-19) yang telah dinyatakan sebagai Pandemik oleh badan kesehatan dunia (WHO), serta memperhatikan dengan seksama langkah-langkah yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melakui Protokol Penanganan Covid-19, maka kepada seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Malra, agar memperhatikan hal-hal penting sebagai berikut :

Pertama; Turut serta membantu mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 sebagaimana brosur pencegahan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

Kedua; Agar seluruh Pimpinan OPD dapat memerintahkan staf pada OPD masing-masing untuk menjaga Ketahanan Keluarga dengan Pola Hidup Sehat, Rajin Berolah Raga, menggunakan Antiseptic dan bila diperlukan dapat menggunakan Masker dan hal-hal lain yang dapat mencegah penularan COVID-19.

Ketiga; Memperhatikan aspek protokol kesehatan, Kementerian Kesehatan yang mematok suhu 38 C sebagai titik demam, dimana dapat segera merujuk mereka yang demam ke RSUD Karel Sadsutubun, untuk kemudian Pihak Dinas Kesehatan dan RSUD dapat mengambil tindakan koordinatif pencegahan yang diperlukan.

Keempat; Untuk kondisi darurat, bila bersin atau batuk di area umum, tutuplah mulut dengan siku bagian dalam atau lengan baju bagian atas. Masyarakat yang sakit juga dihimbau untuk tidak menggunakan transportasi umum untuk meminimalisir kemungkinan risiko penyebaran penyakit.

Kelima; Diharapkan agar seluruh Masyarakat agar tidak panik, namun tetap waspada, khususnya terhadap sanak saudara yang baru berpergian keluar daerah, agar tetap dipantau kondisi kesehatannya.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Malra, agar mari bersma-sama menjaga kesehatan kita dan lingkungan kita,” ungkapnya. (MP-15)

Pos terkait