21 ABK KM Tanto Sukses Diperiksa Tim Gustu Covid-19 Kota Tual

  • Whatsapp

Tual, MalukuPost.com – Juru bicara (Jubir), satuan gugus tugas penanganan pencegahan Covid-19 Kota Tual, Muchsin Ohoiyuf mengatakan, sebanyak dua puluh satu (21) orang Anak Buah Kapal (ABK) Kontainer, Kapal Motor (KM) Tanto Sukses, telah diperiksa Rapid Test (RdT), Minggu (10/5).

“Tim Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 yang dipimpin langsung oleh kepala dinas Kesehatan, Dr. B. Subaidah telah melakukan pemeriksaan pada 21 ABK, KM Tanto Sukses, di pelabuhan Yosudarso Tual, dan hasil keseluruhannya adalah Negatif,“ ujarnya di Tual, Senin (11/5)

Muchsin Ohoiyuf

Menurut Ohoiyuf, walaupun ke 21 orang ABK KM Tanto Sukses, sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim secara keseluruhan dinyatakan sehat, tetapi sesuai dengan protokol penanganan maka ABK, tersebut dilarang untuk turun dari kapal.

“Hasil pemeriksaan keseluruhan dari ABK, dinyatakan sehat akan tetapi, Tetap dilarang keras agar tidak meninggalkan kapal, untuk berkeliaran dapa wilayah daerah sekitar,“ ungkapnya.

Dijelaskan, sesuai dengan arahan Wali Kota Tual, Adam Rahayaan selain dari jalur formal pelabuhan dan Bandara, pengawasan ketat juga perlu dilakukan terhadap Nelayan Andon untuk itu masyarakat yang berada diwilayah pesisir diharapkan agar turut berperan aktif dalam proses pengawasan.

“Wali Kota Tual mengharapkan masyarakat pesisir, dapat berperan aktif dalam proses pengawasan pada Nelayan Andon, apabila menemukan adanya Nelayan tersebut pada wilayahnya kiranya masyarakat dapat melapor baik ke desa, kecamatan, maupun Tim gugus Covid– 19 Kota Tual, untuk dilakukan pemeriksaan guna pemutusan penyebaran Virus Corona pada daerah kita,“ bebernya.

Ohoiyuf menambahkan, hingga (10/05/2020) Orang Dalam Pantauan (ODP), dan Pasien dalam Pengawasan (PDP), di Kota Tual hingga Nihil.

“Jika keluar rumah jangan lupa memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan, serta selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, KM. Tanto Sukses tiba di pelabuhan Yos Sudarso Tual padah hari minggu (10/5), dengan membawa 21 ABK.

Pos terkait