Eddy Hiariej, Putra Ketiga Asal Maluku Jabat Wakil Menteri

  • Whatsapp

Laporan Rudi Fofid-Ambon

Malukupost.com – Prof Dr Edward Omar Sharif Hiariej SH M.Hum menjadi orang ketiga asal Maluku yang menempati posisi wakil menteri (wamen). Ia dilantik oleh Presiden Jokowi di Jakarta hari ini sebagai wamen hukum dan HAM Indonesia.

Jabatan wamen perindustrian pernah diemban Alex Retraubun pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2. Jauh sebelumnya, pada Kabinet Sjahrir III, Johannes Leimena menjabat wamen kesehatan. Saat itu, pada Kabinet Sjahrir I, II, dan III, menteri kesehatan dijabat Darma Setiawan Notohatmodjo. Setelah Kabinet Sjarir jatuh, barulah Leimena menjabat menteri kesehatan.

Prof Dr Edward Omar Sharif Hiariej SH M.Hum popular dengan nama Eddy Hiariej. Sosok kelahiran Ambon, 10 April 1973 itu, adalah guru besar hukum pidana di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Ia lulusan SMA Negeri 1  Ambon 1992 itu adalah putra bungsu delapan bersaudara.  Ayahnya, Om Ko Hiariej adalah pensiunan pegawai Kantor Gubernur Maluku.

Media massa menulisnya sebagai sosok cemerlang di bidang akademik. Semua itu lantaran gelar doktor diraih dalam waktu dua tahun 20 hari. Demikian juga, ketika menjadi guru besar, usianya baru 37 tahun.

Publik Indonesia sempat menyaksikan penampilan Eddy Hiariej dalam siaran televisi nasional. Saat itu, tahun 2019, ia dihadirkan sebagai saksi ahli dalam gugatan Pilpres oleh Capres Prabowo.

Meskipun hanya menjabat wamen dan bukan menteri, namun pelantikannya mendapat apresiasi banyak kalangan. (Malukupost.com)

Pos terkait