Gubernur Harapkan Kondisi Ekonomi Maluku Tumbuh Positif Akhir Tahun 2020

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Gubernur Maluku
Gubernur Maluku, Murad Ismail menyampaikan arahan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020

Ambon, MalukuPost.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail menyatakan, sejalan dengan perbaikan ekonomi yang terjadi di Indonesia, ekonomi Maluku mulai menunjukan perbaikan, tercermin dari angka pertumbuhan ekonomi Maluku yang membaik secara triwulanan.

“Kinerja ekonomi Maluku tercatat tumbuh sebesar 0,83 persen pada triwulan III 2020, lebih baik dibandingkan dengan triwulan II 2020 yang terkontraksi 2,69 persen. Saya berharap kondisi ekonomi Maluku dapat tumbuh positif pada akhir tahun 2020, dan terus kembali pulih pada tahun 2021,” ungkapnya di Ambon, Kamis (3/12/2020) saat menyampaikan arahan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020.

Dijelaskan Murad, ekonomi Maluku diperkirakan dapat tumbuh lebih baik dibanding tahun 2020. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pemerintah harus mengoptimalkan realisasi belanja APBD serta realisasi APBN, terutama yang terkait belanja transfer dari pusat untuk penanganan Covid-19 antara lain bantuan kesehatan, sosial dan pemulihan ekonomi

“Pemda secara bertahap membuka kembali aktivitas perekonomian, jalur transportasi, jasa usaha dan perdagangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia, atas dukungan dan kerjasamanya dengan pemerintah daerah dalam peningkatan perekonomian daerah, serta /pemulihan perekonomian daerah, akibat dampak Covid-19,” katanya lagi.

Sebagaimana diketahui, dalam acara itu BI Perwakilan Provinsi Maluku memberikan apresiasi kepada para mitra strategis yang telah membantu BI dalam melaksanakan tugas. Mitra strategis tersebut antara lain Pemda, OPD, Perbankan, Pelaku Usaha hingga Responden Survei BI.

Pos terkait