Pertumbuhan Ekonomi Di Maluku Triwulan III 2020 Terkontraksi 2,38 Persen

  • Whatsapp
Bank Indonesia Perwakilan Maluku
Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku Noviarsani Manullang (kiri) bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail (kanan)

Ambon, MalukuPost.com – Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku Noviarsani Manullang mengatakan, kinerja ekonomi di Maluku pada triwulan III tahun 2020 terkontraksi sebesar 2,38 persen. Namun, jika dibandingkan dengan kondisi nasional yang kontraksi mengalami 3,49 persen, di Maluku kondisinya masih lebih baik.

“Kontraksi pertumbuhan ekonomi Maluku pada triwulan III, utamanya terjadi di lapangan usaha diantaranya pertanian, perikanan, perdagangan dan transportasi,” ujarnya di Ambon, Kamis (3/4/2020) saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020.

Manullang katakan, dari sisi permintaan, kontraksi pertumbuhan ekonomi Maluku disebabkan kontraksi konsumsi rumah tangga. Selain itu, investasi disebabkan terkendalanya beberapa proyek infrastruktur akibat Covid-19.

“Namun ada sedikit pengecualian bila kinerja ekspor Maluku pada triwulan III tahun 2020 meningkat signifikan terutama untuk komoditas non migas yang didominasi Udang, Ikan Segar dan Ikan Olahan disusul ekspor Udang Segar ke Tiongkok terus meningkat,” ungkapnya.

Dijelaskan Manullang, untuk inflasi Maluku pada November 2020 rendah dan terkendali sebesar 0,66 persen. Namun masih berada dibawah sasaran Inflasi. Rendahnya inflasi Maluku, disebabkan rendahnya daya beli masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

“Rendahnya Inflasi Maluku disebabkan permintaan masyarakat yang masih terbatas saat pandemi, dan Inflasi Maluku masih berada di bawah sasaran inflasi,” pungkasnya.

Manullang menambahkan, Bank Indonesia Maluku akan selalu berusaha bersinergi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Maluku, Kabupaten/Kota secara rutin untuk menerapkan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif, dalam rangka pengendalian harga terutama menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional.

Sekedar diketahui, dalam acara itu BI Perwakilan Provinsi Maluku memberikan apresiasi kepada para mitra strategis yang telah membantu BI dalam melaksanakan tugas. Mitra strategis tersebut antara lain Pemda, OPD, Perbankan, Pelaku Usaha hingga Responden Survei BI.

Pos terkait