Soekarni Ohoiulun, Finalis Puteri Wisata Indonesia 2021 Perwakilan Provinsi Maluku II

  • Whatsapp
Soekarni Francha Ohoiulun, Finalis Puteri Wisata Indonesia 2021 Perwakilan Provinsi Maluku II

Langgur, Malukupost.com – Ajang pemilihan Putera-Puteri Pariwisata Indonesia Tahun 2021 kembali digelar.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Berkads Putera-Puteri Wisata tersebut diikuti oleh putera-puteri (dari setiap provinsi) di Indonesia tersebut.

Untuk diketahui, pemenang yang terpilih di masing-masing provinsi tersebut akan menyandang gelar Putera-Puteri Wisata Provinsi yang bersangkutan, dan berhak untuk mengikuti ajang wisata pada tingkat nasional.

Untuk tahun ini, beberapa anak muda yang potensial dan berbakat akan mewakili provinsi Maluku, dan salah satunya srikandi asal bumi Larwul Ngabal (kabupaten Maluku Tenggara).

Kepada Malukupsot.com di Langgur, Sabtu (20/2/2021), ia menceritakan perjalanan dan motivasinya dalam ajang dimaksud.

“Perkenalkan nama saya Soekarni Francha Ohoiulun, akrab disapa Karni, lahir di kota Ambon, 6 Juni 1998, asli dari ohoi (desa) Ohoiwirin & Bombay, Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara, usia 22 tahun. Saya perwakilan dari provinsi Maluku 2,” ujarnya.

Menurutnya, provinsi Maluku memiliki banyak sekali potensi wisata, mulai dari pulau Buru sampai ke pulau-pulau di wilayah Maluku Tenggara.

“Banyak tempat wisata di Maluku namun kurang dalam hal promosinya, sehingga hanya beberapa destinasi wisata saja yang orang-orang kenal yakni pantai Natsepa, Pantai Pasir Panjang dan beberapa destinasi lainnya,” tukasnya

Untuk itu, sebagai delegasi dari provinsi Maluku, dirinya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayasan yang diberikan padanya untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Maluku termasuk di Malra.

Karni mengajak generasi muda yang ada di kepulauan Kei untuk terus berkontribusi kepada bangsa dan daerah.

“Membangun pariwisata harus dengan cinta. Bukan sekedar kemauan dan niat saja,” tandasnya.

Untuk diketahui, Sukarni merupakan alumni Program Public Relation pada Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya.

Perempuan dengan tinggi 159 cm dengan berat 55 kg tersebut sangat mencintai dunia public speaking.

“Kesukaan saya itu mengarang naskah seperti puisi, cerpen serta script radio dan lain-lain. Saya juga suka dunia akting dan tarian kontemporer dari timur,” tuturnya.

Aktif dalam organisasi dan kegiatan-kegiatan kampus semasa kuliah seperti BEM, paduan suara dan sanggar tari (teater, menghantarnya meraih predikat Mahasiswa Berprestasi Kampus pada tahun 2018 dan 2019.

Perempuan yang sangat mengidolakan Ir. Soekarno (Presiden RI Pertama) tersebut pernah meraih gelar juara satu Pendamping Terbaik Kategori Innovator CSR Dinas Sosial Kota Surabaya Tahun 2018 ini.

Sukarni yang memiliki motto Jangan Mati Sebelum Berguna tersebut juga meraih Juara Apresiasi Tarian Kontemporer Timur dan beberapa kali meraih juara dalam lomba penulisan tingkat nasional dan internasional.

Sebagai alumni di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya, dengan konsentrasi Public Relation, Sukarni sekarang aktif di kegiatan Volunteer Regional (Volunteer Ekpedisi Sahabat Bahari di Desa Batu Belubang Kepulauan Riau Tahun 2020 jalur beasiswa) & Nasional.

“Tuhan menyediakan alam dan seluruh isinya kepada kita untuk memenuhi kebutuhan, untuk itu saya mencintai alam ini dengan memberikan apa yang alam butuhkan. Alam cinta kita, kita cinta alam. Saya siap harumkan nama Maluku,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Karni bersama teman-temannya (perwakilan Maluku lainnya) akan menjalani proses karantina pada bulan Maret sambil menunggu acara puncak yakni Penobatan Putera-Puteri Wisata Indonesia Tahun 2021.

Pos terkait