Penerimaan CPNS dan PPPK, Pemkot Tual Prioritaskan Anak Daerah

  • Whatsapp

Tual, MalukuPost.com – Pemerintah Kota Ambon memprioritaskan anak daerah dalam Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kami akan mendorong agar anak daerah menjadi prioritas dalam penerimaan CPNS maupun PPPK,”ungkap Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, kamis (20/05/2021).

Menurutnya, prioritaskan yang ditetapkan kepada anak daerah bukan untuk membatasi masyarakat luar mengabdi disini, melainkan ingin meningkatkan pertumbuhan dan keseimbangan pembangunan, dan mengurangi pengangguran, salah satunya memberdayakan masyarakat lokal untuk terlibat dalam proses pembangunan melalui penerimaan CPNS dan PPPK.

”Mudah-mudahan pandangan saya ini tidak dianggap seolah-olah tidak punya jiwa nasionalis, tapi sebagai orang Indonesia harus buka diri dan terima dari luar boleh saja karena datang untuk membantu, tapi masalahnya setelah tembus kita tempatkan di pedalaman di pulau-pulau bisa atau tidak ini masalanya,”tuturnya.

Karena menurutnya, selama ini Tual hanya dijadikan lokasi tes, setelah dinyatakan lulus kemudian meminta untuk pindah. sehingga terjadi kekosongan formasi.

“Jadi apabila warga lokal lulus jadi PNS. Maka warga lokal dipastikan tidak akan minta pindah ke luar daerah.Sehingga tidak lagi terjadi kekosongan atau kekurangan PNS,”ucapnya.

Dirinya berharap, upaya yang dilakukan bisa menjadi pandangan dan kesepakatan seluruh Bupati/Walikota lainnya, dalam memperjuangan anak daerah.

Terlepas hal dimaksud, dirinya menyingung instrumen tes CPNS harus dikaji ulang supaya agar dapat menjawab kebutuhan di daerah.

”Tiap tahun berapa perguruan tinggi melahirkan serjana tapi tidak punya pekerjaan, mudah-mudahan ini bisa didengar dan kita perjuangkan ke sana nanti.”harapnya.

Pos terkait