Leleury: Pelatihan dan Sertifikasi Wujudkan SDM Konstruksi Yang Berkualitas

  • Whatsapp

Masohi, MalukuPost.com – Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury menyatakan Pemerintah Kabupaten menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi, karena tentunya sangat penting untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) konstruksi di bidang pekerjaan umum yang berkualitas, kompeten, profesional dan tertib penyelenggaraannya di daerah itu.

“Sejalan dengan amanat UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi pasal 70 ayat 1 yaitu setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja, maka tentunya pelatihan tenaga konstruksi dan upaya sertifikasi merupakan jawaban untuk menciptakan tenaga kerja konstruksi yang handal dan berkualitas di Indonesia,” ujarnya di Masohi, Senin (07/06/2021).

Menurut Leleury, ketentuan bersertifikat itu juga ditekankan dengan adanya kewajiban menggunakan tenaga kerja bersertifikat yang harus tertuang dalam kontrak kerja dan sanksi bagi penggunan atau penyedia jasa yang tidak memperkerjakan tenaga kerja konstruksi bersertifikat.
“Adanya ketentuan dalam UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi memperlihatkan komitmen pemerintah menekankan pentingnya sertifikasi tenaga kerja konstruksi,” katanya.

“Tentunya komitmen pemerintah tentang sertifikasi tersebut bukan hanya ditujukan sebagai syarat administrasi saja tetapi juga sebagai bukti kompetensi tenaga kerja dalam penyelenggaraan jasa konstruksi,” katanya lagi.

Dijelaskan Leleury, pelatihan tenaga terampil konstruksi sangat penting guna meningkatkan profesionalisme, mutu dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan infrastruktur agar pembangunan konstruksi dapat berjalan dengan efektif, efisien dan tepat waktu, serta mampu menghasilkan produk konstruksi yang memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka saya berharap kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, disiplin, penuh tanggung jawab, sehingga nantinya saudara-saudara akan mendapatkan pengetahuan tambahan bahkan pembinaan attitude untuk menjadi SDM Konstruksi yang handal dan siap memanfaatkan akses kesempatan kerja di berbagai proyek konstruksi secara kompetitif kedepannya,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Leleury menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura dan seluruh pihak terkait atas kerjasama dan kontribusi positifnya demi terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya sangat berharap kerjasama dan sinergitas antar para pemangku kepentingan jasa konstruksi di Kabupaten Maluku Tengah terus ditingkatkan kedepannya demi terwujudnya tujuan penyelenggaraan jasa konstruksi,” imbuhnya.

Leleury menambahkan, dirinya meyakini semua yang mengikuti kegiatan itu, memiliki pemikiran, semangat dan komitmen yang sama untuk memberikan yang terbaik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Maluku Tengah.

Pos terkait