Lima Komponis Maluku Menang Cipta Lagu Pesparawi Nasional 2021

  • Whatsapp
Lima komponis Maluku yang berjaya tahun ini di ajang lomba cipta lagu Pesparawi Nasional: Godlief Soumokil, Henry Marvin Sopaheluwakan, Figgy Papilaya, Falantino Latupapua, dan Igor Sopamena (fofo fb)
Lima komponis Maluku yang berjaya tahun ini di ajang lomba cipta lagu Pesparawi Nasional: Godlief Soumokil, Henry Marvin Sopaheluwakan, Figgy Papilaya, Falantino Latupapua, dan Igor Sopamena (fofo fb)

Laporan Rudi Fofid-Langgur

Malukupost .com- Hasil Lomba Cipta Lagu Pesparawi 2020 akhirnya diumumkan oleh Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesparawi Nasional Prof Dr Thomas Pentury M.Si. Meskipun keputusannya sudah ditandatangani sejak 30 November 2020, namun baru disampaikan ke publik melalui akun resmi https://pesparawi-lppn.or.id, akhir pekan ini.

Dari 40 lagu yang ditetapkan sebagai pemenang pada 11 kategori, terdapat enam lagu karya lima komposer Maluku dinobatkan sebagai pemenang pada enam kategori dan urutan berbeda. Para komposer yang menang adalah Godlief Soumokil, Igor Leonard Sopamena, Henry Marvin Sopaheluwakan, Falantino Eryk Latupapua, dan Figgy Papilaya.

Komponis senior Godlief Soumokil yang berdomesili di Jakarta, menyabet dua gelar juara. Lagunya berjudul “Hai Pujilah Allah Segenp Ciptaan-Nya” menjadi pemenang kedua pada kategori Paduan Suara Dewasa Campuran. Lagunya yang lain “Pujilah Allah, Haleluya” juga sebagai juara kedua pada kategori Paduan Suara Anak.

Pada kategori Paduan Suara Remaja/Pemuda Campuran, lagu berjudul “Hening” tampil sebagai pemenang kedua. Lagu tersebut adalah karya Igor Leonard Sopamena.

Igor adalah komponis yang pada Pesparawi lalu menang pada dua kategori. Ia menyabet juara kedua kategori Paduan Suara Dewasa Campuran dengan lagu “Bila”. Satunya lagi adalah juara kedua pada kategori Paduan Suara Wanita untuk lagunya “Mataku Terarah Kepada-Mu”.

Komponis Henry Marvin Sopaheluwakan kali ini dengan lagunya “Syukur Bagi Allah” juga menyabet juara kedua. Ia menang pada kategori Paduan Suara Wanita. Pada Pesparawi sebelumnya, Henry menyabet juara pertama kategori Paduan Suara Laki-Laki, untuk lagunya “Dalam Perlindungan Tuhan”.

Falantino Eryk Latupapua tidak ketinggalan. Meskipun baru pertama kali ikut lomba cipta lagu di ajang Pesparawi, lagunya berjudul “Kasihi Sesamamu” meraih juara kedua pada kategori Vokal Group.

Komponis Figgy Papilaya juga berjaya di ketegori Musik Pop Gerejawi. Lagu gubahannya berjudul “Mezbah” dinobatkan sebagai juara ketiga.

Selain lagu-lagu pemenang bakal dijadikan lagu resmi pada Pesparawi 2021 di Yogyakarta, para pemenang juga memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta-Rp15 juta.

UNTUK YANG MENCINTAI

Media Berita Maluku Post dari Langgur meminta komentar Falantino Latupapua di Ambon, Jumat (11/6) malam ini tentang prestasinya. Biduan yang sekali ikut lomba menulis lagu dan langsung menang ini menyatakan, dia memulai dengan membuat workshop kecil-kecilan bersama rekannya di Kelompok Musik KAK5, Figgy Papilaya. Alhasil, kata Falantino, kolaborasi itu ternyata berbuah manis.

“Sebagai pengalaman pertama, gelar juara dalam sayembara bergengsi tingkat nasional sekelas Pesparawi ini beta persembahkan untuk semua orang Maluku yang mencintai kebudayaan dan kesenian,” ungkap Falantino.

Secara terpisah, Henry Marvin Sopaheluwakan yang dihubungi juga malam ini, mengaku bersyukur atas apa yang diraihnya untuk kedua kali di ajang nasional dan bergengsi ini.

“Beta bersyukur lahir di tanah yang kuat soal rasa berkesenian terutama soal bernyanyi. Dan satu lagi, beta bertumbuh di waktu yang beta punya kakak-kakak hebat Figgy Papilaya, Relin Huka, Falantino Latupapua, Igor Sopamena, jadi beta belajar banyak hal dari dong,” ungkap Henry. (Malukupost.com/foto fb henry/falantino/godlief/figgy)

Pos terkait