Wujudkan Program Nawacita, Pemkab Malra Perkuat Wilayah Pedesaan

  • Whatsapp
Bupati Malra, Drs. Hi. Muhamad Thaher Hanubun, menghadiri kegiatan penilaian Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2021 di ohoi (desa) Somlain, Senin (7/6/2021).

Langgur, Malukupost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) dibawah kepemimpinan Bupati M. Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin, terus mendukung upaya Pemerintah Pusat dalam mewujudkan Program Nawacita, yang salah satunya yakni Membangun Indonesia dari pinggiran dengan cara memperkuat daerah-daerah dan desa dalam bingkai NKRI.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hanubun, saat menghadiri kegiatan penilaian Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2021 di ohoi (desa) Somlain, Senin (7/6/2021).

Bupati Hanubun menyatakan, tekad mendukung program Nawacita tersebut kemudian telah ditindaklanjuti dalam RPJMD Kabupaten Maluku Tenggara Periode 2018 – 2023 dengan menempatkan Ohoi sebagai subyek pembangunan dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, desa (ohoi) adalah sebuah kawasan yang sering dipersepsikan orang sebagai tempat yang nyaman dan indah, meski kadang menyimpan sebuah potret buram kemiskinan.

“Citra buruk itulah yang hendak dihapus oleh Pemerintah,” tegasnya.

Sejak tahun 2015 pemerintah secara bertahap menjalankan amanat yang tertera pada Undang-Undang tentang Desa dimana didalamnya ada kewajiban Pemerintah memberikan Dana Desa dan Dana Ohoi.

Ohoi mempunyai kewenangan untuk mengatur sendiri pembangunan yang dilakukan di wilayahnya agar memudahkan Ohoi dalam mewujudkan kesejahteraan bagi warganya.

“Dalam kerangka pembangunan dari pinggiran tersebut, Pemda berfungsi sebagai motivator dan fasilitator,” ujarnya.

Untuk itu, sebagai motivator dan fasilitator, Pemda berkewajiban membangun infrastruktur yang ada di daerah seperti pembangunan jalan, puskesmas, sekolah, pasar, akses penerangan listrik dan lain-lain guna peningkatan akses konektivitas untuk mendukung pertumbungan ekonomi.

Dalam rangka percepatan pembangunan di daerah, Pemda juga membangun sinergitas dengan semua stakeholder yang ada di daerah termasuk Tim Penggerak PKK Kabupaten Malra dengan semua jajarannya.

Pos terkait