Dengan Menerapkan Prokes Ketat, Pemkab Malra Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76

  • Whatsapp
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tingkat Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dipusatkan di halaman upacara Kantor Bupati setempat, Selasa (17/8/2021).

Langgur, MalukuPost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) menyelenggarakan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dibawah sorotan tema sentral “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati M. Thaher Hanubun (Inspektur Upacara) dan dihadiri pula oleh Wakil Bupati Petrus Beruatwarin tersebut dipusatkan di halaman upacara Kantor Bupati setempat, Selasa (17/8/2021).

Ketua DPRD Malra, Minduchri Kudubun, tampil membacakan Teks Proklamasi.

Turut hadir dalam upacara tersebut yakni Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Malra, Sekretaris Daerah serta para Pimpinan OPD setempat.

Sama halnya pada tahun kemarin, peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini pun dilaksanakan dengan berpedoman pada protokol kesehatan (prokes) yang ketat diantaranya terbatasnya undangan yang hadir serta seluruh peserta upacara diwajibkan menggunakan masker.

Bupati Malra Drs. Hi. M. Thaher Hanubun (Inspektur Upacara), Wakil Bupati Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si dan Ketua DPRD Minduchri Kudubun

Upacara pada tahun ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan tahun 2020 lalu, khususnya pada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dimana pada saat itu Bendera Mrah Putih hanya dibawa oleh tiga orang siswa-siswi menuju tiang untuk dikibarkan tanpa formasi pasukan yang lengkap.

Sementara untuk Upacara HUT RI tahun 2021, Paskibraka Kabupaten Malra tampil dengan formasi lengkap (yang terdiri dari pasukan 17, 8 dan 45).

Bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) yakni Letnan Satu (Lettu) Heri Setiawan (TNI AU Lanud Dumatubun Langgur), dan Komandan Paskibra Letnan Satu (Lettu) Aprilma (TNI AU Lanud Dumatubun Langgur).

Pasukan 17 beranggotakan siswa-siswi terbaik SMA/SMK se-Kabupaten Malra, dibawa binaan Dinas Pemuda dan Olahraga dan diikuti oleh anggota TNI/Polri.

Sedangkan pembawa bendera (Baki 1) Gabriella Maria F. Ikanubun (Siswi Kelas XI SMA Sanata Karya Langgur), yang bertugas sebagai pembentang bendera adalah M. Bagus Hernawan (Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Malra).

Selanjutnya, yang bertindak sebagai Pengibar Tengah adalah Imanuel Ryan Artha Ohoira (Siswa Kelas XII SMA Sanata Karya Langgur), dan sebagai Penggerek Bendera adalah Robertus Ohoirat (Siswa Kelas XI SMK Siwalima Langgur).

Penampilan sempurna generasi emas Malra tersebut menjadikan jalannya upacara pengibaran bendera berlangsung dengan baik, lancar dan aman serta mendapat apresiasi dari seluruh undangan yang hadir.

Sementara itu, sebanyak 1 regu TNI AD, 1 regu TNI AL, 1 regu TNI AU, 1 regu Polres Tual,1 regu Satuan Brimob, 1 regu Korpri, 1 regu Dinas Perhubungan Malra dan 1 regu Pol PP, turut serta dalam upacara tersebut.

Usai upacara pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan upacara Detik-detik Proklamasi dari Istana Negara secara virtual di aula kantor Bupati setempat.

 

Pos terkait