Dr. Antari Innaka: KKN-PPM UGM, Menumbuhkembangkan Kepedulian Sivitas Akademika

  • Whatsapp

Langgur, MalukuPost.com – Dosen Pembimbing Tim Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM), Dr. R. A. Antari Innaka Turingsih, S.H., M.H mengatakan, pelaksanaan KKN-PPM ditujukan untuk menumbuhkembangkan empati dan kepedulian Sivitas Akademika UGM terhadap berbagai permasalahan yang riil dihadapi masyarakat dan pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan.

Hal tersebut disampaikannya saat Peresmian Program Bina Lingkungan, kerjasama PT. Pertamina (Persero) dan KKN-PPM UGM 2021, yang dipusatkan di Ohoi (Desa) Selayar, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Minggu (22/8/2021).

“Pelaksanaan KKN-PPM ini untuk menumbuhkembangkan empati dan kepedulian Sivitas Akademika UGM terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Selain itu, tujuan dari pelaksanaan KKN itu yakni meningkatkan kepedulian mahasiswa, menggalakan Iptek secara team work dan interdisipliner.

“Kegiatan KKN ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepribadian (keuletan, etos kerja, tanggungjawab) dari mahasiswa itu sendiri dapat terasah di tempat (lokasi) mereka berada,” tandasnya.

Dirinya berharap, kegiatan KKN-PPM dapat memberdayakan masyarakat sasaran untuk lebih tangguh, mandiri, dan berjiwa problem-solver sehingga mampu meningkatkan taraf hidup yang lebih berkualitas.

Untuk itu, UGM telah mengembangkan kegiatan KKN yang semula diimplementasikan dengan paradigma development menjadi KKN-PPM yang dilaksanakan dengan paradigma empowerment (pemberdayaan), yakni personal empowerment, community empowerment, dan institutional empowerment.

Menurutnya, pergeseran paradigma KKN-PPM dari development menjadi empowerment menandai adanya perubahan mendasar bahwa KKN-PPM tidak hanya berisi kegiatan kerja Tim KKN-PPM UGM untuk masyarakat, tetapi juga berisi rangkaian kegiatan integratif interdisipliner yang dikemas secara strategis untuk menyelesaikan permasalahan secara tuntas dan dilaksanakan bersama masyarakat dengan memerankan masyarakat sebagai pelaku penting dan utama.

“Dalam hal ini, mahasiswa diperankan sebagai problem solver, motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam proses penyelesaian masalah dan pembangunan sosial masyarakat,” tukasnya.

Melalui pembaruan konsep tersebut, kehadiran mahasiswa Tim KKN-PPM UGM sebagai intelektual muda diharapkan mampu mengembangkan diri sebagai agen atau pemimpin perubahan yang secara cerdas dan tepat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat.

Untuk diketahui, pada tahun 2021, UGM menerjunkan satu Tim KKN-PPM ke Kecamatan Manyeuw, Kabupatan Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, tepatnya ke dua desa yang menjadi lokasi sasaran pemberdayaan, yakni Ohoi Namar dan Ohoi Selayar, dan berlangsung selama 50 (lima puluh) hari.

Dr. Antari mengungkapkan, selaras dengan prinsip co-financing, Tim KKN-PPM UGM mengajak pihak lain untuk turut serta dalam pendanaan kegiatan.

Salah satu Badan Usaha Milik Negara yang berkomitmen untuk memberi dukungan adalah PT. Pertamina (Persero) dalam bentuk dukungan pendanaan Program Bina Lingkungan.

“Atas nama Universitas Gadjah Mada, saya menyampaikan terima kasih kepada PT. Pertamina (Perseo) atas kerjasamanya yang baik sehingga kegiatan peresmian Program Bina Lingkungan ini dapat terlaksana. Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

Pos terkait