KPU Tual Gandeng TP PKK Bahas Persiapan MoU DP3

  • Whatsapp

Tual, MalukuPost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual bersama Tim Penggerak (TP) PKK setempat menggelar rapat sebagai bentuk persiapan akan dilakukannya nota kesepahaman (memorandum of understunding-MoU) Desa Peduli Pemilihan dan Pemilihan (DP3).

Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih menyatakan, rapat yang dilakukan pihakya adalah rangka kesiapan MoU dengan PKK Kota Tual tentang Desa Peduli Pemilihan dan Pemilihan (DP3)

“DP3 diharapkan mampu menjadi terobosan baru, dimana desa-desa itu yang merupakan suatu kesatuan hukum dimana masyarakat di daerah itu mampu menjadi agen demokrasi,” ujarnya di Tual, Selasa (03/08/2021).

Menurut Faqih, melalui MoU nanti maka TP PKK dapat membantu KPU dalam mengedukasi dan mensosialisasikan program kerja KPU dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Umum serentak tahun 2024 nanti.

“Semoga kerja sama dengan PKK ini dapat membantu mensukseskan Pemilihan umum 2024 nanti,” katanya.

“Selain itu DP3 juga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman pemilih menuju demokrasi yang berkualitas,”katanya lagi.

Ditempat yang sama, Komisioner/ Divisi SDM KPU Kota Tual Wawan Kurniawan menjelaskan, untuk mensukseskan program kerja Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan diperlukan strategi. Sehingga, melalui program tersebut dapat berkelanjutan untuk menjadi komitmen bersama, kesepakatan bersama sebagai rujukan, keterbukaan informasi, dan menjadi mekanisme kontrol terhadap Pemilihan yang berkualitas.

“Program ini merupakan satu bentuk transformasi sosial ada tujuan jangka panjang, ada nilai-nilai yang ditanamkan ke masyarakat dan diharapkan akan membudaya serta dapat membangun tatanan masyarakat desa,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tual, Ny. Wamuhia Rahayaan menyampaikan apresiasiny atas pertemuan yang diselenggarakan oleh KPU setempat.

“Dengan melibatkan PKK sebagai motor penggerak Desa Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan (DP3) merupakan suatu kebanggaan bagi PKK yang di daerah ini,” pungkasnya sembari menambahkan PKK Kota Tual telah menetapkan dua desa sebagai DP3 antara lain, Tayando Yamru, Kecamatan Tayando Tam, dan Desa Labetawi Kecamatan Dullah Utara.

Pos terkait