Sumber Produksi dan Pemasaran Dapat Membangkitkan Kota Tual Sebagai Rumah Ekspor Maluku

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengatakan, harus serius  berinovasi dalam mencari dan mengembangkan sumber produksi, maupun pemasaran untuk membangkitkan Tual sebagai Rumah Ekspor Maluku.

Hal tersebutkan diungkapkan dirinya, saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan pembinaan pelaku usaha ekspor di Aula Kantor PPN Tual, senin (16/8/2021).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Tual, Usman Tamnge, hadir pula Ketua DPRD Kota Tual Hasan Syarifudin Borut, turut hadir Kepala Bakamla dan Kepala Bea cukai serta OPD lingkup Pemda setempat, juga para pelaku usaha ekspor.

Menurutnya, Kota Tual baik laut, budaya maupun keindahan alamnya, dikaruniai potensi yang sangat luar biasa. Sehingga dirinya berharap pihaknya dapat mengajak para pengusaha  perikanan, yang masih mengirim produknya melalui daerah lain, agar dapat melakukan ekspor langsung melalui Kota tersebut.

“Karena dengan melakukan ekspor dari Tual, maka perusahaan dapat memperoleh kemudahan pelayanan dari instansi pemerintah terkait didaerah setempat, juga penghematan bahan bakar operasional serta devisa dapat diterima dengan cepat.” pintanya

Sebab kata Dia melanjutkan, pengiriman produk lebih cepat tiba di negara tujuan, dan kwalitas produk juga dijamin sangat terjaga. Karena tempat pengelolaan dan pengiriman tidak terlalu jauh  dari fisfing ground, juga dapat membantu pemerintah untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Saya mempunya mimpi yang tidak bisa diwujudkan dalam sekejap, butuh konsistensi dan waktu, kedepan tidak saja satu  komoditi yang akan kita ekspor, tetapi juga komoditi lainnya seperti ikan, rumput laut, mutiara dan lain-lain dari produk perikanan dan perkebunan.” ucapnya

Pos terkait