Polres Kepulauan Tanimbar Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pilkades 2022

Saumlaki, MalukuPost.com – Polres Kepulauan Tanimbar menggelar apel kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serantak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2022.

Apel gelar pasukan itu diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan baik dari TNI maupun Polridan dilaksanakan di Mapolres Kepulauan Tanimbar , Jumat (18/02/2022) dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Romi Agusriansyah dan dihadiri oleh Bupati Kepulauan Tanimbar yang diwakili oleh Asisten 1 Setda Kab Kepulauan Tanimbar, Kajari Kab Kep Tanimbar, Ketua Pengadilan Negeri Saumlaki, Dandim 1507/Saumlaki, Danlanal Saumlaki, Danlanud IG.Dewanto, Dansatradar 245/Saumlaki, Danyonif 734/SNS, Kadis PMD Pemkab Kepulauan Tanimbar dan Danki 3 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Maluku.

“Pelaksanaan apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pengamanan kegiatan Pilkades serentak, baik kesiapan personel pengamanan maupun peralatan dan sarana yang akan digunakan,” kata Kapolres.

Dia menyebutkan, pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak di tahun ini melibatkan 151 personel Polri dari Polres Kepulauan Tanimbar dan Kompi 3 Yon C Pelopor Satbrimob Polda Maluku serta 30 personel Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki.

“Pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Kepulauan Tanimbar tahun 2022 yang dilaksanakan di 9 desa pada 6 Kecamatan ini merupakan agenda Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang harus diamankan dan dipastikan dapat terselenggara dengan dengan baik tanpa terjadi permasalahan yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Kapolres juga meminta kepada penyelenggara untuk menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkades Serentak. Para panitia di tingkat desa harus menerapkan protokol kesehatan, dengan menyediakan sarana cuci tangan, mewajibkan masyarakat yang hadir melaksanakan hak pilihnya menggunakan masker dan mengatur jalannya pemilihan sehingga tidak berpotensi terjadi kerumunan.

Sesuai data yang dihimpun, desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun ini adalah desa Romnus dan Waturu Baru (Wabar) di kecamatan Wuarlabobar, desa Kelaan dan Watidal di kecamatan Tanimbar Utara, desa Alusi Tamrian dan Kilmasa di kecamatan Kormomolin, desa Watmuri kecamatan Nirunmas, desa Batu Putih kecamatan Wermaktian, dan desa Werain di kecamatan Selaru.

Pos terkait