DPD HIPJI Maluku Sosialisasi Pengenalan Jalan Bagi Siswa SMPN 7 Ambon

Ambon, MalukuPost.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HIPJI) Provinsi Maluku menggelar sosialisasi pengenalan jalan kepada para siswa di SMP Negeri 7 Ambon, Kamis (24/11/2022).

Sosialisasi ini merupakan salah satu aksi sosial yang dilakukan dalam rangka menyongsong Hari Jalan, sekaligus mensukseskan Konferensi Regional Teknik Jalan (KRTJ) ke-15.

Kepada wartawan, ketua penyelenggara kegiatan, Telly Capenberg menyampaikan beberapa hal penting terkait pengenalan jalan yang sudah disosialisasikan kepada para siswa.

“Sosialisasi terkait pengenalan jalan itu kami mulai dari bagaimana cara membuat jalan sampai akses jalan itu bisa jadi, kemudian lahan yang dibukan, material yang dibawa, seta kendaraan yang digunakan selama membuka area jalan baru. Itu semua sudah kita sampaikan,” ungkap Telly.

Dikatakan, setelah pengenalan jalan, pihaknya juga menjelaskan bagaimana cara pemanfaatannya.

Pemanfaatan jalan tersebut meliputi, Rumaja (Ruang Manfaat Jalan), Rumija (Ruang Milik Jalan), dan Ruwasja (Ruang Pengawasan Jalan).

“Itu harus menjadi perhatian bagi masyarakat, agar mereka juga tahu bahwa jalan ini dibangun disamping jalan itu ada pembuangan, ada gorong-gorong, dan ada trotoar. Untuk trotoar sendiri itu terdapat ruas-ruas pelindung jalan, yang mana jika suatu saat ada pelebaran, ruas-ruas itu sudah siap untuk dipakai,” paparnya.

Telly berharap, lewat sosialisasi ini nantinya ada keinginan dari anak-anak untuk menjadi seorang sarjana teknik sipil yang peduli terhadap lingkungan dan juga siap untuk membangun Maluku kedepan.

“Semoga lewat sosialisasi ini anak-anak mau berkarya dengan Kementerian PUPR untuk membangun jalan dan jembatan,” pintanya.

Pos terkait