PT. Pelayaran Nasional ELPI Ekspansi Dari Ambon Untuk Indonesia

PNEP

Ambon, MalukuPost.com – PT. Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) Perusahaan yang bergerak di bidang angkutan laut dan aktivitas penunjang angkutan, secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2022. ELPI sendiri merupakan perusahaan yang didirikan di Kota Ambon Provinsi Maluku dengan bidang usaha pelayaran rakyat dan nusantara.

Dalam press release yang diterima Redaksi MalukuPost.com, Senin (20/2/2023), Direktur Utama ELPI, Eka Taniputra mengungkapkan bahwa ini merupakan momentum yang sangat ditunggu bagi untuk dapat tumbuh menjadi lebih besar.

“Hal ini dapat memberikan semangat baru untuk terus mengembangkan ekspansi bisnis di bidang pelayaran, baik di dalam negeri maupun di luar negeri melalui layanan yang ada saat ini telah disediakan, yaitu penyewaan kapal, pekerjaan lepas pantai, logistik, Engineering Procurement Construction (“EPC”) dan Training Center,” katanya.

“ELPI sangat optimis dengan kinerja selama ini akan menjadi salah satu emiten yang sangat layak bagi para investor di Ambon sebagai tempat kelahiran ELPI, warga Surabaya hingga investor di Indonesia. ELPI merupakan tempat investasi yang tepat, aman dan mempunyai value yang valid,” katanya lagi.

PNEP2Menurut Eka, terkait Training Center menjadi suatu kebanggaan sendiri bagi Kota Ambon dan juga Daerah Timur Indonesia karena kedepannya akan memiliki fasilitas training center yang bergerak dibidang marine, khususnya dynamic positioning operator dan hanya ELPI yang mempunyai satu-satunya di Surabaya.

“Jadi para perwira kapal yang membutuhkan training comptency tersebut tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan trainingnya. Khusus untuk Training Center kami merencanakan pada Q3 tahun 2023 dengan Brand MOTE yaitu Maritime Offshore Technology & Enginering. MOTE diharapkan akan menghasilkan pelaut dengan spesialisasi dalam bidang maritim yang mengikuti perkembangan teknologi diantaranya Dynamic Positioning, Offshore Ship Handling, Marlin Test dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Eka menegaskan, ELPI selama sudah berpengalaman pada bidang offshore & drilling support vessel yang tentunya akan memberikan added value terhadap pengoperasian kapal tug & barge ENA, melalui sumber daya manusia yang kompeten dan qualifed pada bidangnya. Yang utama ELPI sudah mempunyai rencana alokasi capex khusus pembangunan 20 unit tug & barge dan kapal self propelled barge dengan realisasi hingga tahun 2025.

”Sebagai pemegang saham dari ELPI kami mengapresiasi Direksi ENA yang dapat memenuhi target awal sejak dibentuk pada bulan September 2022 hingga mendapatkan kontrak jangka panjang ini. Hal ini tentunya akan membuat kami optimis untuk memberikan full support kepada ENA jika membutuhkan dukungan baik finansial, sumber daya manusia hingga operasional untuk tug & barge,” ujarnya

Sementara Wawan Heri Purnomo-Corporate Secretary ELPI menyatakan sebelumnya ELPI juga telah melakukan akuisisi atas KAZO MARINE (M) SDN BHD pada Januari 2023 sebagai langkah nyata untuk mengembangkan bisnis offshore & drilling support vessel dan tahapan ekpansi bisnis di Malaysia khususnya dan Asia Tenggara kedepannya. Oleh karena itu, dengan menjadi pemegang saham pada KAZO maka akan menambah added value ELPI, meningkatkan kepercayaan, mempercepat proses negosiasi, dealing dalam hal pengambilan keputusan dengan client di Malaysia yang telah masuk dalam Kontraktor Kontrak Kerjasama SKK Migas.

“Sebagai informasi, ELPI pada Q4 2022 dan Q1 2023 ELPI telah menunjukkan kinerja positif kepada publik diantaranya telah membentuk entitas anak dengan nama PT ELPI Nusantara Armada, dengan bidang usaha tug & barge dimana pada Februari ini telah berhasil mendapatkan kontrak jangka panjang 6+2+ 2 untuk pengangkutan batu bara di Kalimantan Timur dari PT Bumi Nusantara Jaya system Freight untuk Cargo Transhipment,” imbuhnya.

Dijelaskan Wawan, ceremonial penandatanganan kerjasama dilakukan pada 08 Februari 2023 dihadiri oleh seluruh Management dari para pihak, yaitu Owen Rahadiyan (Direktur Utama BNJ), Ferry Wirawan Tedja (Direktur ENA) beserta Eka Taniputra (Direktur Utama ELPI), Efilya Kusumadewi (Direktur ELPI) dan Wawan Heri Purnomo (Corporate Secretary).

Milestone ELPI merupakan pencapaian yang luar biasa, dimana tumbuh dan berkembang selama 25 tahun di Ambon, menapakkan kaki di surabaya pada tahun 2017, 4 tahun kemudian listing pada Bursa Efek Indonesia menjadi perusahaan Tbk dan hanya dalam rentang waktu waktu 5 tahun berhasil meletakkan dasar untuk ekpansi bisnis di Malaysia. From Ambon, ELPI telah berhasil membawa Indonesia sebagai perusahaan Indonesia menjadi “To be a World Class Company With Indonesian Pride Offering Sustainable Total Marine Solutions.

“ELPI sendiri merupakan emiten dari Surabaya yang baru listing pada tanggal 08 Agustus 2022 dengan bidang usaha transportasi & logistik bidang Offshore, mempunyai layanan dari penyewaan kapal, pendukung pekerjaan lepas pantai, logistik dan EPC hingga training center. ELPI telah berdiri lebih dari 30 tahun dan telah berkembang pesat dengan mengoperasikan lebih dari 100 unit berbagai macam armada seperti Crewboat, Anchor Handling Tug Supply Vessel (AHTS), Platform Supply Vessel, Utility Vessel dan Specialized Vessel serta saat ini Perseroan telah memiliki kantor pusat di Surabaya dan 5 kantor wilayah (site) di wilayah Tengah dan Timur Indonesia,” bebernya.

Direktur Utama BNJ, Owen Rahadiyan disela-sela penandatanganan kerjasama menjelaskan bahwa dalam kontrak kerjasama ini mereka melihat ENA sangat serius untuk melaksanakan kewajibannya dan memberikan pelayanan terbaik kepada BNJ. Hal ini sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa mereka telah memesan lima kapal baru. Diharapkan dengan kontrak jangka panjang, BNJ memberikan kepercayaan kepada ENA untuk mengirimkan kargo batu bara hingga 5 juta ton/tahun.

“Selain itu kami melihat ELPI sebagai pemegang saham ENA merupakan perusahaan yang sudah 30 tahun berpengalaman dibidang offshore & drilling support vessel. Kami juga menyambut baik atas rencana ELPI untuk melakukan ekspansi lini bisnis ke tug & barge melalui ENA,” ujarnya.

Senada itu, Direktur ENA Ferry Wirawan Tedja juga menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dari BNJ dan dukungan dari ELPI atas terlaksananya kerjasama ini yang menandakan bahwa ENA layak & qualified sebagai penyedia jasa tug & barge yang diperlukan oleh BNJ. Dan hal ini menjadi challenge dan opportunity tersendiri bagi ENA dalam bisnis distribusi batu bara.

“Kami telah memesan lima kapal baru tug & barge dan mengoperasikan hingga 20 kapal pada Q1 tahun 2023, dan diharapkan kapal baru tersebut akan launch dan beroperasi pada Q4 tahun 2023. Kapal baru dalam proses pembangunan saat ini mempunyai ukuran 300ft sehingga menjamin target pemenuhan angkutan batu bara dari BNJ,” bebernya.

Dengan kontrak kerjasama tersebut lanjutnya, akan memberikan tambahan revenue bagi ELPI hingga 400 milliar di tahun 2023 ini. Hal ini tentunya akan memberikan kinerja positif bagi ELPI untuk laporan keuangan di tahun 2023.

Bahkan kata dia, dengan aksi korporasi ELPI selama 6 bulan sejak listing, mulai dari kinerja keuangan, akuisisi KAZO, hingga kinerja entitas anak ENA, sebagi proven juga kepada investor dan calon investor untuk bergabung dengan ELPI dimana ELPI telah mempunyai roadmap dan strategy untuk bisnis jangka pendek dan jangka panjang.

Direktur Efilya Kusumadewi pun turut memberikan jaminan agar investor di Ambon, Maluku dan investor di Indonesia Timur, jangan ragu-ragu untuk menjadi pemegang saham ELPI. Pasalnya, untuk alokasi dana IPO pure bagi pengembangan investasi ELPI dari pembelian Offshore Support Vessel, ekspansi Kazo Marine SDN BHD di Malaysia, pembangunan kantor operasional dan pembuatan Training Center untuk para perwira kapal.

“Tidak ada untuk pembayaran utang. Itu yang menandakan kami sangat sehat,” tegas Efilya .(MP-00)

Pos terkait