Bodewin Tegaskan Kota Ambon Siap Laksanakan Pemilu 2024

IMG 20240210 153127 jpg

Ambon, MalukuPost.com, – Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, menegaskan, keterlibatan Pemerintah Kota Ambon dalam pemilu 2024 menunjukkan komitmen mereka terhadap proses demokrasi. Hal ini untuk memastikan pemilihan dilakukan secara adil, transparan dan partisipatif sehingga masyarakat dapat memiliki kepercayaan penuh terhadap hasilnya.

“Sejauh ini, Kota Ambon siap melaksanakan pemilu 2024,” tegasnya saat memberikan arahan ketika menghadiri Sosialisasi dan Dialog Pemilu 2024 yang Luber, Jurdil dan Berkebudayaan, yang diselenggarakan Majelis Latupati Kota Ambon, di Tribun Lapangan Merdeka, Sabtu, 10 Februari 2024.

Kesiapan itu, kata Bodewin, karena ada indikator yang dijadikan Pemerintah Kota Ambon sebagai patokan. Langkah-langkah seperti kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mendistribusikan kotak dan surat suara serta persiapan Bawaslu dalam melakukan tugas pengawasan, termasuk penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di masa tenang merupakan indikator proses pemilihan akan berjalan lancar dan adil. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memastikan kelancaran dan keberlangsungan demokrasi di wilayah Kota Ambon.

“Begitu juga dengan TNI/Polri¬† mendukung terlaksananya keamanan,” katanya.

Meski begitu, Sekwan DPRD Provinsi Maluku itu tetap meminta dukungan dan partisipasi masyarakat untuk kelancaran dan kesuksesan pemilu. Selain memastikan persiapan teknis telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga terkait, partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan seperti menggunakan hak pilih dengan bijaksana, mengawasi proses pemungutan suara dan melaporkan pelanggaran, akan memperkuat integritas dan legitimasi hasil pemilu. Oleh karena itu, pendidikan pemilih dan kampanye untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat perlu terus didorong.

“Maka kita sangat yakin pemilu dapat dilaksanakan dengan baik. Tetapi persiapan yang telah dilakukan tidak akan cukup tanpa dukungan partisipasi masyarakat,” pinta Bodewin.

Mengakhiri arahannya, Bodewin berharap pelaksanaan sosialisasi dan dialog tentang pemilu 2024 bisa memastikan pemahaman dan partisipasi maksimal dari masyarakat. Dia lalu menyampaikan terima kasih atas kesadaran dan komitmen masyarakat Kota Ambon dalam memastikan kelancaran proses demokrasi. Tujuannya agar pemilu menghasilkan pemimpin yang diamanahkan dengan amanah oleh rakyat.

“Karena itu, sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami bersama.
Terima kasih banyak. Saya yakin, kita semua terpanggil untuk memastikan pemilu berlangsung sesuai fungsinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Latupati Kota Ambon, Reza Valdo Maspaitella mengajak seluruh penyelenggara melaksanakan pemilu yang aman dan berkebudayaan dengan menampilkan identitas adat masing-masing sebagai cerminan Kota Ambon sebagai negeri raja-raja.

“Kami juga menolak segala bentuk kecurangan, manipulasi dan praktik politik uang yang berpotensi merusak kualitas pemilu yang jujur dan adil,” tegas Maspaitella.

Pos terkait