Disdik Kota Ambon Berupaya Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Anggaran

IMG 20240705 040911 696x433 1

Ambon, Maluku Post.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon berupaya meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan efisiensi pengelolaan anggaran pendidikan.

Upaya ini terlihat setelah dinas tersebut menyelenggarakan Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) bagi Satuan Pendidikan pada tahun 2024, di Manise Hotel, Kamis, (4/7/2024).

Tujuannya untuk memastikan proses pengadaan barang dan jasa di satuan pendidikan dilakukan sesuai ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku, sehingga dapat menghindari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta memastikan penggunaan anggaran secara efektif untuk mendukung proses pembelajaran dan fasilitas pendidikan yang memadai bagi siswa dan tenaga pendidik.

Sekretaris Kota, Agus Ririmasse menjelaskan, dengan mengikuti norma dan ketentuan pengadaan barang/jasa, pemerintah membantu memastikan proses perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan pertanggungjawaban dilakukan dengan transparan, efisien dan akuntabel. Sebab, hal ini dapat membantu satuan pendidikan mengelola sumber daya mereka dengan baik, menghindari praktik korupsi serta memastikan dana pendidikan digunakan tepat sasaran untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan infrastruktur pendidikan yang sesuai kebutuhan masyarakat dan siswa.

“Satuan pendidikan disiapkan untuk mengikuti norma sesaui ketentuan pengadaan barang/jasa pemerintah, mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan pertanggungjawaban,” jelasnya.

Untuk memudahkan pelaksanaan pedoman tersebut, lanjut Ririmasse, Kemendikbud telah mengembangkan System Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) sebagai sesuatu system elekronik yang dapat digunakan oleh satuan Pendidikan.

“Satuan pendidikan dapat melaksankan proses PBJ secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel sehinga memperoleh barang/jasa yang tepat dari setiap dana yang dibelanjakan,” tandasnya.

Pos terkait