Pemkot Ambon dan Malteng Perkuat Kerjasama di Sektor Pangan

IMG 20240705 040010 696x433 1

Ambon, Maluku Post.com – Pemerintah Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah kembali memperkuat kerjasama di sektor pangan, setelah keduanya menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) terkait distribusi komoditi.

MoU tersebut ditandatangani Pj. Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya dan Pj. Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, di Balai Kota, Kamis, (4/7/2024).

Kaya mengatakan, MoU ini diteken untuk pengendalian inflasi, dimana salah satu strateginya adalah menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota dalam upaya menjamin ketersediaan stok bahan pokok.

“Pengendalian inflasi menjadi salah satu kinerja yang dievaluasi pemerintah pusat terhadap para kepala daerah,” ujar Kaya.

Terpisah Plt. Kabag Ekonomi dan SDA, yang juga Sekretaris Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), A. Solsolay, yang turut menyaksikan penandatanganan MoU, membenarkan tingkat Inflasi Kota Ambon masih tinggi yakni mencapai 4,49 persen pada bulan Juni 2024.

“Inflasi menjadi hal penting dan TPID beberapa kali rapat, memutuskan harus ada kerjasama dengan kabupaten/kota yang surplus sehingga ketika Kota Ambon kekurangan komiditi pangan maka dapat diambil dari wilayah kabupaten/kota tersebut,” katanya.

Menurutnya, lingkup kerjasama ini difokuskan di sektor perikanan dan holtikultura. Mengingat kondisi cuaca ekstrim yang melanda Kota Ambon berdampak pada kenaikan harga ikan dan sayur.

“Tentunya ini menjadi komitmen antara Pemkot Ambon dan Pemkab Malteng, selanjutnya tinggal OPD teknis yang akan menindaklanjuti, apabila menemui kekurangan stok bahan pangan,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya, pada periode kepimpinan Pj. Bodewin M. Wattimena, MoU yang sama telah diteken, namun sudah kedarluarsa sehingga perlu diperbaharui.

 

 

Pos terkait