Gubernur Maluku Himbau Perbanyak Silaturahim Saat Ramadhan

Ambon, Maluku Post.com – Gubernur Maluku Said Assagaff mengimbau umat Muslim untuk memanfaatkan bulan Suci Ramadhan dengan memperbanyak silaturahim dan membangun persaudaraan antarumat beragama.

“Mari kita perbanyak silaturahim di Bulan Ramadhan, bulan penuh ampunan ini. Saling mengunjungi antarumat beragama akan memperkokoh hubungan persaudaraan,” kata Gubernur Said di Ambon, Sabtu (27/6).

Silaturahim, ujarnya, juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana untuk saling memaafkan atas kesalahan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak, di samping terhindar dari rasa dengki dan iri hati, serta saling menghargai akan perbedaan.

“Silaturahim akan berdampak terciptanya kerukunan hidup antarumat beragama di Maluku, sehingga daerah ini semakin aman dan damai, sekaligus menjadikan Maluku sebagai laboratorium kerukunan umat beragama di tanah air,” katanya.

Gubernur Said saat menggelar Safari Ramadhan Pemprov Maluku di kediamannya, Jumat (26/6) malam, malah memanfaatkan momentum tersebut untuk mempertemukan seluruh tokoh dan pimpinan agama di Maluku untuk bersilaturahim.

“Mari kita tunjukkan kepada semua orang bahwa kehidupan umat beragama di Maluku penuh nuansa persaudaraan dan kekeluargaan melalui silaturahim di Bulan Ramadhan,” katanya.

Gubernur Said juga berharap umat Muslim dapat memanfaatkan ibadah puasa tahun ini sebagai bulan solidaritas sosial dalam rangka membangun Maluku yang aman, religius, sejahtera dan bermartabat.

“Kepekaan dan solidaritas sosial menjadi hal yang sangat penting bagi semua warga terutama merawat dan membangun kehidupan bermasyarakat yang plural dan multikultural seperti Maluku,” ujarnya.

Umat Muslim juga diimbau untuk meningkatkan pengendalian diri terhadap berbagai hawa nafsu dan godaan, sehingga kewajiban menjalankan salah satu rukun Islam tersebut dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. (ant/MP)

Pos terkait