Harga Cabe Dan Bawang Di Ambon Turun

harga bawang naik
Ambon, Maluku Post.com – Harga bumbu masak berupa cabe dan bawang yang ditawarkan para pedagang di Kota Ambon, Maluku, mulai bergerak turun memasuki hari kelima di bulan Juli 2015.

Pantauan di lokasi pasar Mardika Minggu (5/7), pedagang menawarkan cabe rawit dengan harga Rp30.000/kg, atau turun dari sebelumnya Rp35.000/kg, sedangkan cabe keriting sedikit turun dari Rp40.000 menjadi Rp35.000/kg.

“Cabe rawit keriting maupun biasa yang didatangkan dari luar daerah maupun produksi lokal sejak tiga hari belakangan ini cukup banyak sehingga memengaruhi harga di pasar,” kata Rita pedagang cabe di pasar Mardika.

“Cabe rawit kecil yang saya jual ini di beli dari petani asal Pulau Buru, lanjutnya, ada juga sebagian dari petani Pulau Seram yang membawa langsung ke pasar Ambon dengan harga yang murah, kecuali cabe keriting ini dibeli dari pengusaha yang mendatangkan dari Surabaya,” jeasnya.

“Selain cabe, saya juga jualan bawang merah dan bawang putih yang dibeli dari agen di Ambon,” katanya.

Dia menjelaskan, kalau bawang merah harganya sudah turun jauh yakni Rp30.000 dari sebelumnya Rp36.000/kg, sedangkan bawang putih masih tetap bertahan Rp28.000/kg.

Inang agen pemasok bawang dari Surabaya ketika dikonfirmasi terkait harga bawang mengatakan, harga bawang merah maupun bawang putih yang ditawarkan pedagang di pasar sudah sesuai.

“Belum ada perubahan harga sejak beberapa hari belakangan ini, harga bawang merah masih kotor belum dibersihkan di tingkat agen Rp24.000/kg, dengan demikian mereka jual dengan harga Rp30.000/kg,” ujarnya.

Begitu juga harga yang ditetapkan untuk bawang putih, yang jelas kalau ada perubahan harga di Surabaya akan mempengaruhi harga di Ambon. (ant/MP)

Pos terkait