Siswa SMKN 1 Dobo Prakerin Di TVRI Maluku – Maluku Utara

Ambon, Malukupost.com – Sebanyak 10 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, jurusan Multimedia untuk Tahun Pelajaran 2017-2018 melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) bertempat di LPP TVRI Stasiun Maluku Maluku Utara.

Ketua Jurusan Multimedia, Novi Solon selaku guru pendamping mengatakan para pelajar asal kabupaten berjuluk “Bumi Jargaria” tersebut terdiri dari 5 peserta wanita dan 5 peserta pria.

“Prakerin tersebut telah memasuki minggu ke 4 sejak 3 Juli lalu dan akan berakhir 28 Juli 2017,” ungkapnya di Ambon, Kamis (27/7).

Menurut Solon, pelaksanaan kegiatan Prakerin tersebut bertujuan untuk membentuk pola pikir kemandirian, menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta keterampilan, membentuk semangat kerja serta melatih para siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya.

“Dalam kegiatan Prakerin ini, para siswa di bagi dalam 2 kelompok dimana masing-masing kelompok didampingi oleh 1 pembimbing dari pegawai LPP TVRI. Dan selama kegiatan berlangsung, para siswa mendapatkan penjelasan dan cara penggunaan dari berbagai peralatan yang ada pada stasiun tersebut,” bebernya.

Dijelaskan Solon, kegiatan prakerin tersebut dimulai dari peralatan dalam ruang Master Control seperti peralatan MS1,MS2 dan beberapa peralatan lainnya yang berfungsi mengatur dan menghubungkan penyiaran dari sub kontrol ke pemancar. Selain itu para siswa juga diperkenalkan dengan peralatan-peralatan yang berada di dalam ruang Sub kontrol seperti audio mixer, video mixer (switcher), Camera Control Unit (CCU), dan beberapa peralatan lainnya yang berfungsi untuk audio dan video yang kemudian akan digunakan untuk penyiaran.

“Anak-anak juga diberi kesempatan untuk melihat secara langsung shooting secara live dalam ruang studio dan mendapat penjelasan mengenai fungsi-fungsi dan cara penggunaan kamera serta teknik lighting studio,” ujarnya.

Solon menambahkan, peserta prakerin juga diarahkan untuk membuat proyek akhir yaitu pembuatan video klip lagu mereka masing-masing. Pengeditan video klip menggunakan Sofware Adobe Premier Pro CC sampai dengan burning pada DVD hingga dikemas sebagai sebuah album.

“Dari prakerin ini, kita mengharapkan agar dapat menghasilkan tenaga lulusan yang memiliki keterampilan sesuai dengan tuntutan lapangan kerja melalui jurusan multimedia serta memperkokoh hubungan sekolah dengan lembaga yang ada,” pungkasnya. (MP-16)

Pos terkait