Kabupaten Kepulauan Aru Bakal Terima Bantuan BTS dan SSB

  • Whatsapp
Dobo, MalukuPost.com - Masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru dalam waktu dekat akan mendapat Bantuan Base Transceiver Station (BTS) dari Pemerintah Pusat Melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia dalam rangka mempermudah jaringan komunikasi dari wilayah Kecamatan hingga Pedesaan.  Janji Pemerintah Pusat melalui Menteri Kominfo RI Rudiantara tersebut pada pelaksanaan Hari Pers Nasional Tahun 2017 yang berlangsung di kota Ambon beberapa bulan lalu bahwa pada tahun 2018 Wilayah Pedesaan di Maluku khususnya Kepulauan Aru akan terakses jaringan Telekomunikasi dan  jaringan Internet saat ini sudah melalui tahap realisasi.  Pelaksana Tugas Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi (Infokom) Kabupaten Kepulauan Aru, Laura Hukom dikonfirmasi malukupost.com di Dobo, Jumat (29/9) mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Kementrian sebanyak 75 BTS sesuai dengan hasil survei yang dilakukan dan telah ditanggapi oleh Kementrian Kominfo sebanyak 63 BTS, dan jumlah tersebut merupakan BTS terbanyak di Indonesia untuk tahun 2017.

Dobo, MalukuPost.com – Masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru dalam waktu dekat akan mendapat Bantuan Base Transceiver Station (BTS) dari Pemerintah Pusat Melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia dalam rangka mempermudah jaringan komunikasi dari wilayah Kecamatan hingga Pedesaan.

Janji Pemerintah Pusat melalui Menteri Kominfo RI Rudiantara tersebut pada pelaksanaan Hari Pers Nasional Tahun 2017 yang berlangsung di kota Ambon beberapa bulan lalu bahwa pada tahun 2018 Wilayah Pedesaan di Maluku khususnya Kepulauan Aru akan terakses jaringan Telekomunikasi dan  jaringan Internet saat ini sudah melalui tahap realisasi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi (Infokom) Kabupaten Kepulauan Aru, Laura Hukom dikonfirmasi malukupost.com di Dobo, Jumat (29/9) mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Kementrian sebanyak 75 BTS sesuai dengan hasil survei yang dilakukan dan telah ditanggapi oleh Kementrian Kominfo sebanyak 63 BTS, dan jumlah tersebut merupakan BTS terbanyak di Indonesia untuk tahun 2017.

“Sebetulnya yang kami usulkan sebanyak 75 BTS kemudian disetujui 63 BTS untuk disurvei dan selanjutnya melalui DRM pada tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus di The Margo Hotel Depok disetujui untuk siap dibangun sebanyak BTS dan kabupaten kepulauan Aru memperoleh BTS yang terbanyak se-Indonesia di tahun 2017,”ungkap Hukom.

Dijelaskan Hukom, dari hasil tersebut sesuai dengan pengusulan yang disampaikan ke Kementrian Kominfo dan Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) tersebut dan Pemerintah Daerah telah menindaklanjutinya dengan melakukan rapat konsolidasi bersama beberapa Kepala Desa dan Kepala Kecamatan yang mendapat bantuan tersebut.

“Tindak lanjut hasil DRM Dinas Kominfo melakukan Rapat Konsolidasi tanggal 11 September bersama para Camat dan Kades penerima bantuan program pembangunan BTS ,” ujarnya.

Hukom menambahkan, selain bantuan BTS tersebut Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru juga mendapatkan bantuan dari Dinas Infokom Provinsi Maluku berupa Site Short Band (SSB) untuk mempermudah komunikasi dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Aru.

“Pemerintah Aru juga diberikan bantuan SSB sebanyak 12 buah dari Dinas Kominfo Provinsi Maluku, bantuan SSB ini akan direalisasikan pada bulan Oktober 2017,” pungkasnya. (MP-16)

Pos terkait