Bupati Tanimbar Panen Raya Padi Ladang Desa Kandar

  • Whatsapp

Saumlaki, Malukupost.com – Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon menghadiri panen raya padi ladang seluas 154 hektar di desa Mandar, kecamatan Selaru, Selasa (2/6/2020).

Dalam siaran pers yang diterima media ini dari Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, di Saumlaki, Selasa (3/6/2020) menyebutkan, kehadiran bupati Fatlolon itu didampingi oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Penjabat Sekda Ruben Benharvioto Moriolkosu, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Joice Penturi Fatlolon dan sejumlah pimpinan SKPD terkait.

Panen raya itu dilakukan di dua lokasi secara terpisah yaitu lokasi Toboku dan lahan milik SMK Negeri 7 Selaru.

Sesuai informasi yang diperoleh dari Penjabat Kades Kandar, sebanyak 21 kelompon tani di desa itu mengolah 154 hektar lahan yang ditanami padi berupa padi hitam, padi merah dan padi putih.

Diperkirakan, pada tahun ini jumlah panen padi ladang milik masyarakat desa Kandar diatas 200 ton.

Pada acara yang dilaksanakan di lahan Tokobu, Bupati berdialog dengan para petani dan masyarakat yang hadir.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apreseasi atas kerja keras para petani dari desa Kandar walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 tetapi tetap bekerja keras sehingga hasil panen dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Bupati Fatlolon, berjanji akan memberikan bantuan untuk memperlancar kerja-kerja para petani di desa Kandar, sehingga produktivitas mereka terus meningkat di waktu mendatang.

“Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan sumur bor dan pupuk serta bantuan peralatan lainnya guna meningkatkan hasil panen masyarakat pada musim tanam berikutnya,” ujarnya.

Selain itu juga bupati Fatlolon mengarahkan pemerintah desa dan pemerintah kecamatan Selaru agar hasil panen masyarakat dapat dijual ke luar desa Kandar untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

“Pemerintah Desa diharapkan dapat menggiatkan BUMDes agar hasil masyarakat dapat disalurkan ke pasar melalui BUMDes,” harapnya.

Agenda lain

Pada kesempatan acara tersebut Bupati bersama DPRD dan Forkopimda juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat di kecamatan Selaru yang terdampak pandemi covid-19 berupa BLT Desa, Bansos Sembako dan Token PLN Gratis.

Tidak ketinggalan, Dinas Sosial juga memberikan bantuan tongkat kepada penyandang disabilitas yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Setelah kegiatan di Desa Kandar, Bupati dan rombongan menuju ke Desa Namtabung untuk kegiatan penyerahan bantuan kepada masyarakat di Desa Namtabung.

Acara berlangsung di Balai Desa Namtabung yang diawali dengan laporan Kepala Desa dan dilanjutkan dengan arahan Bupati dan penyerahan BLT, Bansos Sembako dan Token PLN Gratis.

Pada acara yang dilaksanakan di Desa Kandar maupun Desa Namtabung Bupati juga mengarahkan terkait masalah sengketa tanah antara Desa Kandar dan Desa Namtabung.

Dalam sambutannya meminta kepada masyarakat kedua desa untuk menahan diri dan tidak mudah terpancing untuk bertikai.

Pos terkait