Pekan Ini Hampir Semua Wilayah Tanimbar Bakal Terlayani Jaringan 4G

Jaringan 4G di Tanimbar

Saumlaki, MalukuPost.com – Kepala dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Andri J. Kurniawan menyatakan, dalam pekan ini masyarakat di wilayah itu sudah bisa menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas dari Telkomsel.

“Hal ini sesuai informasi yang diterima dari pihak Telkomsel pekan kemarin, dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah berupaya untuk meningkatkan layanan telekomunikasi yang berkualitas dengan cara meminta pihak Telkomsel untuk membangun tower di sejumlah kecamatan,” ujarnya di Saumlaki, Selasa (27/10).

Kurniawan katakan, proses pengusulan itu berawal dari kapasitas jaringan selular yang tidak memadai di kota Saumlaki kecamatan Tanimbar Selatan dan kota Larat kecamatan Tanimbar Utara, sehingga pihaknya menyurati direktur utama Telkomsel di Jakarta melalui surat Bupati nomor 555/1368 tertanggal 30 September 2019 perihal peningkatan kapasitas jaringan selular Telekomunikasi.

“Tembusan surat itu disampaikan kepada Menteri Kominfo, Direktur Utama Bhakti dan General Manager Telkomsel yang ada di Makassar serta Kadis Kominfo provinsi Maluku. Dan berdasarkan surat itu, pihak Telkomsel telah membangun tower Base Transceiver Station (BTS) 4G di 9 lokasi,” ungkapnya.

Dijelaskan Kurniawan, infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator ini telah dibangun di 9 titik yakni di seputaran Batalyon infanteri 734 Satria Nusa Samudera dan desa Ilngei kecamatan Tanimbar Selatan, desa Arui Das kecamatan Wertamrian, tower Alusi yang berlokasi di desa Meyano Bab kecamatan Kormomolin.

Selain itu di desa Watmuri kecamatan Nirunmas, Watidal kecamatan Tanimbar Utara, Rumasalut di desa Temin kecamatan Wermaktian, dan dua desa di kecamatan Selaru yakni tower desa Kandar yang berlokasi di desa Namtabung dan di desa Adaut.

“9 unit tower ini secara point to point akan berhubungan dengan radio link yang bukan lagi visat, tapi sudah fiber optic dari NOC Palapa Ring Timur yang berlokasi di pantai Weluan kecamatan Tanimbar Selatan,” katanya.

“Jadi ini point to point. Mulai dari Saumlaki ke Lauran, Lauran ke Wowonda dan tembak ke Sangliat Dol, dari Sangliat Dol ke Arui Das, menuju Meyano, Watmuri dan seterusnya hingga ke Watidal. Semua ini akan terkoneksi dengan sinyal 4G tulen, bahkan ukuran 9 tower itu bervariasi, ada yang berukuran 65 meter dan ada yang 74 meter,” katanya lagi.

Kurniawan berharap, dengan adanya 9 tower itu memberikan kelancaran informasi dan komunikasi yang lebih baik sesuai slogan dinas Kominfo yakni : Menuju Tanimbar bebas signal 2020 dari ujung Molu Maru hingga Selaru.

“Sementara perluasan dan peningkatan kapasitas telah dibicarakan dalam desk meeting bersama operation celluer untuk Telkomsel, Indosat dan XL dimana Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengusulkan untuk sesegera meningkatkan kapasitas signal di wilayah kota Saumlaki dan sekitarnya,” sembari menambahkan hal itu dilakukan karena pihaknya sering mendapat laporan oleh layanan pengguna telekomunikasi yakni terjadi lemah signal, baik data maupun suara dan keinginan masyarakat di perdesaan untuk terlayani signal yang baik.

Pos terkait