Belum Temukan Nelayan Hilang, SAR Tual Bakal Lanjutkan Pencarian Besoknya

  • Whatsapp

Tual, MalukuPost.com – Koordinator Pos Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Tual, Ahmad Henalu menyatakan Tim SAR Gabungan belum menemukan Nelayan asal Desa Tamedan yang dilaporkan hilang di perairan Pulau Mas, Kecamatan Dullah Utara.

”Hasil pencarian Nihil, dan rencana besok akan dilanjutkan OPS SAR dengan Alut Rib Pos SAR Tual, Kapal Catamaran milik Bakamla Tual dan Long Boat Nelayan,” ujarnya di Tual, Selasa (12/1/2021).

Ahamd katakan, sebelumnya Tim SAR Tual melakukan pencarian dengan menggunakan KN SAR Bharata. Namun dalam pencarian belum menemukan tanda-tanda yang mencurigakan sehingga Tim memutuskan agar melanjutkan pencarian nanti.

”Saat ini kita lagi isi bahan bakar dan besok pagi kita kembali melakukan pencarian nanti,” tandasnya sembari menambahkan, berdasarkan laporan dari keluarga korban, Tim SAR Tual langsung bergerak menuju lokasi guna melakukan pencarian terhadap long boat tersebut.

Dijelaskan Ahmad, berdasarkan kronologisnya dari keluarga korban yakni Suardi Balubun, bahwa Oran tuanya pergi melaut sejak Senin, Pukul 10.00 WIT pergi melaut di sekitar Perairan Pulau Mas, tapi belum juga balik hingga saat ini, Pukul 10.00 WIT pergi melaut di sekitar Perairan Pulau Mas, biasanya kembali malam pukul 19.00 WIT Namun hingga saat ini belum kembali.

“Sebelumnya, pihak keluarga dan nelayan sudah melakukan pencarian namun hasilnya nihil, sehingga pihak keluarga langsung melaporkan ke Basarnas Tual guna melakukan pencarian,”katanya.

Sekedar diketahui, Tim SAR Gabungan yang saat melakukan pencarian terhadap Nelayan yang hilang kontak antara lain, Pos Sar Tual, Brimob Tual, Bakamla Tual, Lanal Tual, Kodim Tual, KP3 Tual, Syahbandar Tual, BPBD Tual.

Pos terkait