YPKKA Gelar Sosialisasi Pembinaan Guru Dan Pegawai Di Tanimbar

  • Whatsapp

Saumlaki, Malukupost.com – Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina (YPKKA), menyelenggarakan Sosialisasi Program kerja pembinaan guru dan pegawai Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) wilayah perwakilan Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Saumlaki, Selasa (23/3/2021).

Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya yang juga sebagai Kepala Kantor YPKKA wilayah Kepulauan Tanimbar, Pastor Simon Petrus Matruti Pr menyatakan, kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan itu merupakan kegiatan berkelanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya.

“Bertujuan mensosialisasikan rencana kerja YPKKA tahun 2021 yang diselenggarakan secara serempak pada awal tahun di seluruh keuskupan Amboina,” ujarnya.

<em>Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, Pastor Simon Petrus Matruti Pr </em>
Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, Pastor Simon Petrus Matruti Pr 

Wakil Uskup katakan, kegiatan itu juga sangat penting karena tidak terlepas dari visi YPKKA yakni menciptakan sekolah sebagai komunitas pendidikan yang kristiani, unggul, profesional dan yang peduli.

“Kita juga akan membantu sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan untuk secepatnya diakreditasi,” tandasnya sembari berharap, tahun ajaran 2021-2022 sudah bisa dilakukan proses belajar mengajar secara tatap muka.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kepulauan Tanimbar Christianus Fatlolon dalam sambutannya menyatakan, kegiatan yang dilakukan itu sangat membantu pemerintah daerah untuk mewujudkan Tanimbar yang cerdas.

“Pendidikan di kepulauan Tanimbar pada masa Pandemi Covid 19 ini memang sangat memprihatinkan karena kegiatan belajar mengajar secara tatap muka belum berlangsung,” katanya.

Dijelaskan Fatlolon, sesuai hasil on the spot yang dilakukan oleh pihaknya untuk memantau proses belajar siswa dan siswi di tengah masa pandemi sangat memprihatinkan. Bahkan dirinya membenarkan tidak ada lagi siswa yang pro aktif dalam meningkatkan mutu pembelajaran di rumahnya.

“Untuk itu saya menyarankan agar para kepala sekolah dan dewan guru di bawah naungan YPKKA wilayah kepulauan Tanimbar lebih memperhatikan dan mengedepankan sumber daya manusia khususnya lebih menguasai IT dalam dunia pendidikan agar para dewan guru tidak terpinggirkan,” katanya.

“Yang menjadi catatan dari para kepala sekolah adalah tidak boleh mengangkat operator diluar lingkup sekolah karena sangat berpengaruh terhadap loyalitasnya,” katanya menambahkan.

Berdasarkan pantauan media ini, kegiatan yang diselenggarakan di gedung Natar Kaumpu Saumlaki itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar Christianus Fatlolon dan turut dihadiri oleh Sekretaris YPKKA pusat Jhon Dumatubun bersama wakil Uskup.

Peserta kegiatan tersebut adalah para kepala sekolah dan staf pada sejumlah sekolah dibawah naungan YPKKA.

Pos terkait