Program Kampung Bahari Nusantara Didukung Pemkab Kepulauan Tanimbar

  • Whatsapp
suasana rapat

Saumlaki, MalukuPost.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar mendukung terlaksananya program Kampung Bahari Nasional (KBN) oleh TNI AL di desa Matakus, kecamatan Tanimbar Selatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Rosias Kabalmay menyatakan, komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Saumlaki telah mengkoordinasikan program ini dengan Bupati Petrus Fatlolon, dan melalui Plt. Sekretaris Daerah, dirinya ditunjuk oleh bupati untuk melakukan koordinasi teknis dengan pihak Lanal Saumlaki. selanjutnya, telah ditindaklanjuti dengan pembahasan teknis dengan melibatkan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) teknis.

Kepala Bappeda Kepulauan Tanimbar, Rosias Kabalmay 

“Sesuai arahan bupati, tadi pagi kita sudah melakukan rapat koordinasi teknis antara pemerintah daerah dan Lanal Saumlaki yang dibuka oleh bapak Sekda dan delapan belas pimpinan SKPD,” ujarnya di Saumlaki, Selasa (25/5/2021).

Dijelaskan Kabalmay, dalam rapat tersebut Danlanal Saumlaki telah mempresentasikan program KBN. Kemudian, para pimpinan SKPD teknis juga menyampaikan sejumlah program yang telah dilaksanakan di desa Matakus selama ini, termasuk program tahun 2021.

Dinas Pertanian setempat telah menetapkan renstra pengembangan kawasan pulau Matakus sebagai salah satu sentra pengembangan pertanian khusus yakni perkebunan kelapa dan telah ada penanaman pada 1.000 hektare di tahun-tahun sebelumnya dan di tahun ini akan ada lagi peremajaan kurang lebih 500 hektare, serta pengembangan puluhan hektare untuk pohon mangga.

“Nah, program-program ini telah dilakukan sebelumnya dan nanti dilanjutkan tahun ini maka dengan sendirinya telah mendukung program KBN,” tandasnya.

Kabalmay katakan, SKPD teknis lainnya telah memiliki renstra pengembangan kawasan pulau Matakus. Dinas Pariwisata misalnya, telah menetapkan rencana strategis pembangunan pulau Matakus sebagai salah satu obyek wisata dan kedepan nanti akan menjadi tujuan wisata di kabupaten ini.

“Dan oleh karena itu, dalam pertemuan tadi, atas nama bupati, pak Sekda menyampaikan dukungan terhadap program ini karena disisi lain, pemerintah daerah melalui lintas SKPD telah memiliki renstra yang sudah diterapkan dan akan terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Kabalmay menegaskan, komitmen pemkab untuk menyukseskan KBN adalah akan ada peningkatan pembenahan seluruh program pembangunan, teristimewa sejalan dengan lima kluster yang diisyaratkan dalam program KBN seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata, dan pertahanan keamanan (hankam).

“Dalam pertemuan tadi, diberikan kesempatan kepada setiap SKPD untuk mereview program mereka selama beberapa tahun terakhir yang telah diarahkan ke desa Matakus, kemudian yang mau diarahkan sekarang dan yang akan diarahkan untuk mendukung program KBN di tahun 2022,” katanya.

“Kami memberikan waktu kepada pimpinan SKPD selama satu Minggu. Kemudian kami rangkum dan melaporkan kepada Bupati. Setelah itu akan ada pertemuan lanjutan dengan Lanal Saumlaki untuk membicarakan program prioritas apa saja yang akan kita arahkan untu mendukung program KBN,” katanya lagi.

Menurut Kabalmay, Pemerintah daerah sangat bersyukur karena dengan adanya program KBN, ada sinkronisasi program untuk pembangunan di desa Matakus sebagai KBN.

“Kami berharap program KBN ini dapat didukung oleh semua pihak,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa menyatakan, dalam rangka menyukseskan program Kampung Bahari Nusantara (KBN), Lanal Saumlaki sedang menyiapkan desa Matakus, kecamatan Tanimbar Selatan, kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku sebagai KBN di bawah kendali Lantamal IX Ambon.

Menurutnya, KBN merupakan program Mabes TNI AL dengan salah satu tujuannya adalah mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi Maritim, serta program lainnya yang difokuskan pada lima kluster yakni kluster pendidikan atau edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan keamanan (hankam).

“Untuk pelaksanaan program ini, Lanal saumlaki akan menggandeng semua pihak terutama di sektor maritim. Proses persiapan desa Matakus sebagai KBN ini akan terus dilakukan dalam tahun ini sambil menanti agenda peresmiannya oleh Mabes TNI AL,” bebernya.

Pos terkait