Astaga!!! Data Vaksinasi Covid-19 di Maluku Missing di Sistem Kemenkes

  • Whatsapp

Satgas Penanganan Covid-19 Maluku Bakal Panggil Disukcapil Kabupaten/Kota

Ambon, MalukuPost.com – Salah satu persoalan yang terjadi dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 adalah missing (hilang) data. Hal inilah yang terjadi di Maluku, dimana data yang diinput tidak tertera dalam sistim Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Itu cukup banyak, pak Danrem 151/Binaiya juga kaget. misalnya data terinput masyarakat yang sudah divaksin, tapi Nomor Induk Kependudukan (NIK) bermasalah,”ungkap Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Penamganan Covid-19 Provinsi Maluku, Sadli Ie di Ambon, Sabtu (20/11/2021).

Sadli menandaskan, pihaknya telah agendakan mengundang Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi dan Kabupaten/kota untuk mempertanyakan hal ini.

“Jadi kita akan undang Disdukcapil untuk menanyakan kenapa sampai NIK bermasalah,”tegasnya.

Sadli yang juga menjabat Plh Sekda Maluku menyakini, jika tidak terjadi missing data maka capaian vaksinasi di Maluku meningkat dibandingkan data pusat.

“Kalau selisih 4 persen berarti belasan ribu. Untuk itu, kita akan berupaya agar persoalan bisa terselesaikan,”katanya.

Sadli menambahkan, masa berlaku vaksin tersisa dua minggu sebelum kedarluwasra masih bisa digunakan menanggapi masa kedaluwarsa yang ditanyakan satgas kabupaten/kota.

“Kita bertanya kepada mereka, ternyata masih ada dua minggu, namun mereka tidak gunakan, padahal masih bisa dingunakan dari sisi medis,”pungkasnya.

Pos terkait