Bupati Hanubun Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Di Malra

  • Whatsapp

Langgur, MalukuPost.com – Bupati M. Thaher Hanubun menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021 tingkat Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Bertindak sebagai komandan upacara (danup) yakni Danton Kompi E 734/SNS Letda. Inf. Nirwan Boyratan, dan Letda Inf. Musa Renyaan selaku perwira upacara.

Hadir dalam upacara dimaksud yakni Danlanal Tual Kolonel Laut Indra Darma, S.E, M.Tr. Hanla, Kapolres Tual AKBP Dax Imanuele S. M, S.I.K, Kasdim 1503/Tual Mayor Inf. Isak Jambormase, Pasi Ops Yon C Brimob Tual IPDA Agus Lunthe, Ketua DPRD Malra Minduchri Koedubun, SE, Kasipidum Yerry Tri Mulyawan, SH, Wakil Ketua 2 DPRD Malra Yohanis Bosko Rahawarin, Kepala Kementerian Agama Malra Drs. Sanusi M.Si., para tokoh agama, adat, pemuda dan masyarakat.

Sementara peserta upacara terdiri dari personel TNI – Polri, Satuan Pol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Malra, ASN serta pelajar di wilayah setempat.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Hanubun menekankan soal perjuangan tanpa mengenal perbedaan.

“Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan,” jelasnya.

Menurutnya, semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua pihak di negeri ini untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

“Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 yakni Pahlawanku Inspirasiku. Dalam 20 tahun mendatang (2020–2040) kita akan memasuki bonus demografi, yaitu periode di mana angka dependency ratio mencapai angka minimal,” tandasnya.

Dalam periode tersebut, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

“Untuk itu, melalui peringatan Hari Pahlawan 2021 ini, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” pungkasnya.

 

Pos terkait