Pelayar Darwin Bantu Beras untuk 139 KK Di Amahusu

  • Whatsapp
Pengurus ASC Nicho Tulalessy dan Jan Silooy menyerahkan bantuan beras kepada salah satu dari 52 KK warga Amahusu, Sabtu (20/11). Foto Rudi Fofid
Pengurus ASC Nicho Tulalessy dan Jan Silooy menyerahkan bantuan beras kepada salah satu dari 52 KK warga Amahusu, Sabtu (20/11). Foto Rudi Fofid

Laporan Rudi Fofid-Ambon

Malukupost.com – Para pegiat komunitas layar Ambon Sailing Community (ASC) menyalurkan bantuan beras kepada sejumlah keluarga terdampak pandemi covid-19. Bantuan diberikan kepada 139 kepala keluarga (KK) di Negeri Amahusu Kecamatan Nusanie Kota Ambon, Sabtu (20/11).

Ketua Umum ASC Nicho Tulalessy kepada warga penerima bantuan menjelaskan, bantuan beras berasal dari pelayar Darwin, Australia. Pelayar itu, sepasang suami-istri pemilik kapal layar Manggo Madness, yang tidak ingin namanya dipublikasi di media.

Menurut Tulalessy, dalam situasi pandemi covid-19, lomba layar Darwin-Ambon tidak digelar, tetapi kedua pelaut tetap membangun relasi dengan warga Amahusu melalui ASC dalam semangat gandong Darwin-Ambon. Disebutkan, kedua pelaut sangat mengenal secara baik situasi warga Amahusu, termasuk sudah tahu keadaan warga di tengah pandemi covid-19.

“Sebenarnya, bantuan yang diberikan adalah uang tunai, tetapi kalau dibagikan nanti dipakai beli kebutuhan lain. Sebab itu, kami putuskan belanja beras kualitas super, dan bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Satu keluarga dapat satu karung beras 24 kg,” papar Tulalessy.

Tulalessy merinci, bantuan beras ini sudah dilakukan sebanyak tiga kali. Pertama pada bulan September untuk sebanyak 35 KK, kedua bulan Oktober untuk 52 KK, dan yang ketiga bulan November sebanyak 52 KK. Jadi, total ASC sudah salurkan 139 KK dalam tiga bulan.

Para penerima bantuan beras, menurut Tulalessy,  adalah mereka yang tidak punya pendapatan bulanan secara tetap.  Sebab itu, bantuan ini diharapnya akan berlanjut terus beberapa bulan ke depan sesuai anggaran yang terkumpul melalui  ASC.  (Malukupost)

Pos terkait